Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Balap Moto2 Ini Juga Bakal Didik Mekanik Melalui Mandalika Racing Academy

Kompas.com - 10/11/2020, 13:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) resmi diluncurkan dan akan mulai berkompetisi di MotoGP 2021, khususnya kelas Moto2. Tak hanya akan membesarkan pebalap Indonesia, tim ini juga mendidik mekanik.

Ketua MRTI Rapsel Ali, mengatakan, pembentukan tim balap ini sebagai bentuk dukungan pada program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada tahun 2021. Untuk itu, MRTI direncanakan untuk mengikuti seri kejuaraan dunia Moto2 satu musim penuh di 2021.

Baca juga: Target MGPA Sirkuit Mandalika Kelar Juni 2021

"Kami juga mempersiapkan para pebalap Indonesia melalui program secara berkesinambungan dan berjenjang untuk menuju MotoGP melalui program Mandalika Racing Academy untuk road to MotoGP selanjutnya," ujar Rapsel, dalam sambutannya.

Indonesia bakal punya tim MotoGP di MandalikaIstimewa Indonesia bakal punya tim MotoGP di Mandalika

Selain pebalap, melalui Mandalika Racing Academy juga akan disiapkan mekanik-mekanik asal Indonesia yang andal.

Direktur MRTI Kemalsyah Nasution, mengatakan, Mandalika Racing Academy bukan hanya untuk pebalap. Tapi, ada juga bimbingan untuk mekanik.

Untuk tampil di MotoGP, mekaniknya juga harus bersertifikasi. Kalau sekarang dicari di Indonesia, menurutnya, sulit untuk mendapatkannya.

Baca juga: Mandalika Racing Team Indonesia Tetap Akan Kontrak Pebalap Asing

"Maka itu, kenapa ditawarkan untuk berkolaborasi full. Jadi, nanti posisinya itu team manager orang asing. Tapi, asisten manajer orang Indonesia, maksudnya untuk belajar," kata Kemal.

Kemal menambahkan, begitu pula dengan mekaniknya. MRTI akan ada mekanik junior yang ikut di dalam tim juga. Jadi, bukan hanya menampilkan pebalapnya saja. Tapi, menurut MRTI, ini juga untuk perubahan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com