Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Otomotif Geneva Motor Show 2021 Terancam Batal

Kompas.com - 28/05/2020, 16:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motor1.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA) menyatakan bahwa perhelatan pameran Geneva International Motor Show tahun depan terancam dibatalkan.

Melansir Motor1, Kamis (28/5/2020), hal ini dikarenakan adanya masalah keuangan penyelenggara usai adanya pembatalan pameran yang seharusnya terselenggara pada 5-15 Maret 2020 imbas pandemi virus corona alias Covid-19.

Guna menyelesaikan masalah tersebut, Pemerintah Swiss menyarankan OICA untuk melakukan pinjaman dana hingga 17 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 250 miliar dengan nilai tukar saat ini.

Baca juga: Tentrem Produksi Bus Tanpa Bando Alias Single Glass

Konsep Pop.Up, mobil kompak yang bisa terkoneksi dengan delapan baling-baling dan membuatnya melayang ke angkasa, diperkenalkan di Geneva Motor Show 2017.Autoblog Konsep Pop.Up, mobil kompak yang bisa terkoneksi dengan delapan baling-baling dan membuatnya melayang ke angkasa, diperkenalkan di Geneva Motor Show 2017.

Namun OICA menolaknya, karena mereka menilai harusnya ada pelunakkan dari pemerintah mengingat Geneva International Motor Show memberikan dampak positif pada perekonomian Swiss.

Pasalnya, berdasarkan catatan penyelenggara, pameran bertaraf internasional itu rata-rata berhasil membawa 600.000 pengunjung dan 10.000 jurnalis dari seluruh dunia pada tiap serinya.

Tanggapan serupa juga datang dari peserta pameran sehingga meminta penyelenggara untuk merencanakan edisi Geneva International Motor Show berikutnya pada tahun 2022.

Baca juga: GIIAS 2020 Mundur, Panitia Persilahkan APM untuk Diskusi Internal

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

Sebelumnya, Chairman of the Foundation Board Geneva Internatonal Motor Show Maurice Turrettini dalam pernyataan resmi menyebut bahwa pihaknya sangat terpukul atas pandemi Covid-19.

"Ini adalah force majure yang menjadi kerugian luar biasa bagi produsen yang telah berinvestasi secara besar-besaran di Jenewa," kata dia.

Sebab, penyelenggara sudah membuka pemesanan tiket dan sudah banyak produsen otomotif terkait yang telah melakukan persiapan luar biasa guna meluncurkan produk baru. Beberapa di antaranya Hyundai i20, VW Golf GTD, Kia Sorento.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motor1.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com