Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Nyaman Pakai Helm buat Rider Berkacamata

Kompas.com - 20/05/2020, 19:14 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm menjadi perangkat wajib saat berkendara sepeda motor di jalan raya. Alat pelindung kepala ini harus digunakan pada setiap pengendara, tidak terkecuali bagi orang dengan mata minus atau berkacamata.

Tidak sedikit rider berkacamata yang kesulitan saat akan memilih helm. Pasalnya, frame kacamata yang tebal, kerap membuat kepala sakit karena tertekan.

Lantas, bagaimana sebaiknya memilih helm untuk rider berkacamata?

Baca juga: Jangan Banyak Gaya Bawa Motor Hanya Satu Tangan!

Store Manager RSV, Aldi Kusuma Wijaya, mengatakan, helm untuk berkendara sebaiknya model full face untuk kemanan. Ini juga berlaku bagi mereka yang berkacamata.

Beberapa koleksi helm yang ada di RC MotogarageKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Beberapa koleksi helm yang ada di RC Motogarage

“Sebaiknya pemotor mencoba secara langsung helm yang diinginkan, lebih baik beli helm yang sudah ready for glass fit atau cari kacamata yang gagangnya fleksibel dan tidak bengkok di bagian ujung belakangnya,” kata Aldi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/05/2020).

Baca juga: Dear Ladies, Ini Alas Kaki yang Aman Digunakan saat Bawa Mobil

Aldi melanjutkan, “Perhatikan padding-nya ada celah untuk memasukkan gagang kacamata atau tidak.”

Pastikan juga area padangan dari helm tersebut cukup luas. Jangan memilih visor kecil, sebab fokus pengendara berkacamata cukup terbatas.

Selanjutnya, Aldi menyarankan, saat membeli helm sebaiknya perhatikan juga juga sirkulasi dan ventilasi helm di bagian depan.

Apakah terdapat ventilasi yang langsung untuk mengalirkan udara panas di area mulut dan hidung atau tidak, karena hal ini juga cukup berpengaruh.

“Biasanya, biker berkacamata mengalami sering mengalami masalah embun pada kacamatanya. Oleh sebab itu, sirkulasi dan ventilasi pada helm juga wajib diperhatikan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com