Jangan Banyak Gaya Bawa Motor Hanya Satu Tangan!

Kompas.com - 20/05/2020, 11:42 WIB
Cara bawa motor m.caping.co.idCara bawa motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendari sepeda motor membutuhkan keseimbangan yang baik. Kadang sering ditemui biker yang banyak gaya, memegang setang hanya dengan satu tangan, padahal sangat berbahaya!!

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, postur tubuh ketika berkendara menentukan keamanan dan kenyamanan saat dalam perjalanan.

“Jika berkendara tidak berpegangan di setang dengan baik, tentu akan membahayakan pengendara itu sendiri apabila terjadi situasi darurat dalam melakukan manuver,” kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (19/5/2020).

Baca juga: Beli Mobil Bekas Rp 25 Jutaan, Bisa Dapat BMW Lawas

Ilustrasi sarung tangan berkendaraIstimewa Ilustrasi sarung tangan berkendara

Postur tubuh yang kurang baik ketika berkendara, membuat badan tidak siap ketika melakukan manuver. Manuver mendadak yang dilakukan ketika berkendara seperti mengerem mendadak atau berpindah lajur.

“Ketika melakukan pengereman mendadak atau tiba-tiba berpindah lajur, sangat tidak disarankan untuk melepas setang kemudi baik satu maupun kedua tangan jika dalam berkendara,” ucap Agus.

Baca juga: Kesalahan Fatal Pengguna Mobil Transmisi Matik yang Bikin Mesin Jebol

Ketika rem mendadak, ada gaya dorong yang membuat badan condong ke depan. Jika tangan posisinya tidak pada kedua setang, maka jadi tidak seimbang, hal ini yang biasa menyebabkan kecelakaan.

Begitu juga yang dikatakan oleh Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road, Setyo Suyarko. Mengendarai dengan satu tangan atau tidak di posisi semestinya, pengendara akan lebih sulit mengemudikan motornya.

“Jika berkendara dengan satu tangan, sepeda motor jadi lebih mudah goyang atau tidak stabil. Kejadian kecelakaan di jalan raya biasa terjadi karena kesalahan manusia,” kata Setyo kepada Kompas.com.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X