Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Dimensi Yaris Cross dengan Honda HR-V dan Suzuki S-Cross

Kompas.com - 24/04/2020, 13:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar SUV merupakan salah satu segmen yang saat ini tengah digemari di seluruh dunia. Tak heran jika sejumlah pabrikan berlomba-lomba meluncurkan mobil di segmen ini.

Toyota bahkan kembali meluncurkan SUV kompak bernama Yaris Cross, meski sebelumnya sudah punya C-HR yang mengisi celah tersebut.

Dalam keterangan resminya (23/4/2020), Toyota Global mengatakan bahwa Yaris Cross dibangun di atas basis Yaris hatchback dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA-B).

Baca juga: Resmi, Toyota Luncurkan SUV Baru Bernama Yaris Cross

Ilustrasi Toyota Yaris CrossToyota Global Ilustrasi Toyota Yaris Cross

Dengan keunggulan ini, Yaris Cross bakal memiliki pengendalian yang lincah layaknya hatchback, namun dengan ruang kabin lebih lega, serta rasa berkendara yang lebih tinggi dan nyaman saat melewati medan yang beragam.

Toyota juga menyebut bahwa Yaris Cross memiliki dimensi yang ringkas, serta tak berbeda terlalu jauh dengan versi hatchback-nya.

Artinya jika mobil ini masuk ke Indonesia, Yaris Cross bakal langsung berselisih dengan Honda HR-V dan Suzuki SX-4 S-Cross.

Baca juga: Simak Daftar Diskon Mobil Baru, Sienta Diskon Rp 80 Juta

Honda HR-V 1.5L Special EditionSTANLY RAVEL Honda HR-V 1.5L Special Edition

Apalagi, laman Toyota Global telah merilis ukuran dimensi Yaris Cross, yakni (PxLxT) 4.180 mm x 1.765 mm x 1.560 mm, serta wheelbase 2.560 mm.

Di atas kertas, ternyata SUV jadi yang paling kecil di antara pemain Low SUV lainnya. Seperti diketahui, HR-V memiliki ukuran 4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm, dan wheelbase 2.610 mm.

Sementara itu S-Cross, berdimensi (PxLxT) 4.300 mm x 1.785 mm x 1.595 mm, wheelbase 2.600 mm. Dari sini kita bisa menyimpulkan jika S-Cross jadi Low SUV yang paling besar di antara Yaris Cross dan HR-V.

Baca juga: Larangan Mudik Berlaku Hari Ini, Pergerakan Kendaraan Bakal Dibatasi

Suzuki S-Cross terbaru.Ghulam/KompasOtomotif Suzuki S-Cross terbaru.

Namun dengan jarak sumbu roda terpanjang, berselisih 10 mm dari S-Cross dan 50 mm dari Yaris Cross, HR-V jadi SUV dengan ruang interior paling lega.

Meskipun Yaris Cross jadi SUV paling kecil di antara ketiganya. Tapi hal ini diprediksi bakal berdampak baik pada kelincahannya, terutama saat bermanuver di perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com