Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2020, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPikap kabin ganda atau double cabin (dcab) biasanya dibeli karena modelnya yang gagah. Selain itu, dcab bisa berfungsi seperti pikap, karena notabene kendaraan niaga, namun dilengkapi bangku baris kedua, jadi bisa membawa penumpang ekstra.

Namun, bagi orang yang menggunakan Dcab sebagai kendaraan harian, kepraktisan agak kurang. Tidak ada bagasi, hanya ada bak belakang. Jika menaruh barang setelah berbelanja di bak, bisa-bisa hilang ketika perjalanan pulang karena terbuka tanpa tutup.

Situasi ini bisa diubah, dengan menambahkan aksesoris yang bisa menambah kepraktisan dari dcab, yaitu penutup bak belakang atau deck cover. Jika biasanya pada kendaraan pikap memakai terpal, dcab menggunakan cover dengan bahan dari plastik atau dengan pegas hidrolik.

Baca juga: Banting Harga, Diskon Fortuner Tembus Rp 100 Juta, Innova Rp 70 Juta

Aksesoris pikap kabin gandainstagram/laksana_motor Aksesoris pikap kabin ganda

Ivan Arif, pemilik dari bengkel modifikasi mobil 4X4 Laksana Motor di Temanggung, Jawa Tengah, mengatakan, fungsinya sebagai penutup bak yang bisa dibuka seperti bagasi di kendaraan model lain.

Deck cover ini tinggal pasang saja, plug and play. Tersedia untuk semua model dcab juga, ada berbagai merek dari Thailand dan Australia,” kata Ivan kepada Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Baca juga: Aturan Berkendara Selama Masa PSBB Bandung Raya

Deck cover juga memiliki pengunci, jadi barang yang ditempatkan di bak belakang akan aman. Untuk modelnya ada berbagai macam, mulai dari yang terpal, geser, buka 45 derajat, hingga yang pakai sistem elektrik.

“Untuk harganya, untuk yang model biasa, yang buka 45 derajat berkisar Rp 18 jutaan. Paling murahnya yaitu Rp 4,9 juta, model terpal buatan Thailand,” ucap Ivan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com