Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo Yakin Bisa Bikin Yamaha Kembali Terdepan

Kompas.com - 25/03/2020, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

ABU DHABI, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo percaya bahwa keputusan untuk pensiun dini dari dunia balap MotoGP dan menjadi test rider di Yamaha merupakan keputusan terbaik saat ini.

Cedera di bagian punggung atau tulang belakang dianggapnya sebagai salah satu garis takdir yang membuatnya kembali ke pangkuan Yamaha untuk 'balapan' di balik layar.

Meski demikian, Lorenzo optimis bisa membawa mantan tim-nya tersebut kembali jadi yang terdepan. Sebab, ia sendiri sudah tiga kali menjadi juara dunia bersama Yamaha yaitu pada 2010, 2012, dan 2015.

Baca juga: Bukan Balapan yang Bikin Rossi Kangen Saat Pensiun MotoGP

Jorge Lorenzo diperkenalkan secara resmi sebagai test rider Yamaha Jorge Lorenzo diperkenalkan secara resmi sebagai test rider Yamaha

"Yamaha sedang menyongsong hari yang cerah untuk kembali memenangkan kejuaraan. Mereka mempunyai motor dan pebalap yang komplet serta cepat. Kemudian, mereka juga memiliki saya, pebalap yang mengerti untuk meningkatkan performa tersebut lebih baik lagi," katanya dilansir GPOne, Rabu (25/3/2020).

"Saya percaya untuk hal itu," lanjut Lorenzo.

Untuk diketahui, pada musim lalu Yamaha hanya menang dua seri yakni ketika Maverick Vinales beradu cepat di GP Belanda dan GP Malaysia.

Jorge Lorenzo saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by MOHD RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Jorge Lorenzo saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by MOHD RASFAN / AFP)

Memang, Yamaha masih berada di posisi kedua klasmen pabrikan dengan torehan 321 poin. Namun dibandingkan posisi teratas yang diisi Honda, jaraknya begitu jauh yaitu 105 poin.

Kini, usai memutuskan pensiun dini dari MotoGP, Lorenzo mengenakan seragam kru Yamaha sebagai test rider.

Valentino Rossi, mantan rival terberatnya dahulu, menganggap Lorenzo sebagai pelatih pribadi karena kerap memberikan masukkan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com