Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dovizioso Percaya Rossi Bakal Kompetitif di MotoGP 2020

Kompas.com - 20/02/2020, 15:52 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso menilai bahwa Valentino Rossi akan terus bersaing secara kompetitif di level tertinggi ajang MotoGP.

Meski dipastikan bakal terpisah dari Yamaha di akhir MotoGP 2020, Rossi tidak akan mengendurkan kemampuannya. Sebab, Divizioso menilai masa depan Rossi tergantung pada performanya di musim ini.

"Saya tak tahu bakal sejauh mana kemampuan Rossi di musim ini, ia tengah mencari titik performa terbaiknya. Sementara itu, motor Yamaha kencang sehingga saya rasa Rossi akan kompetitif," katanya dilansir Tuttomotoriweb, Kamis (20/2/2020).

Baca juga: Ini Tampilan Livery Tim MotoGP 2020

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) bersaing dengan rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, pada balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019).AFP/VLADIMIR SIMICEK Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) bersaing dengan rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, pada balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019).

"Jika dia sudah menemukannya (feel berkendara motor Yamaha baru), dia akan memainkannya bersama Quartararo dan Vinales. Mungkin, Rossi akan berlanjut dengan Yamaha pada 2021 (di tim satelit)," lanjut Dovizioso.

Ia pun percaya bahwa persaingan perebutan juara di MotoGP 2020 akan berlangsung sengit. Dovizioso mengaku akan terus menyaingi Marc Marquez sebagaimana musim sebelumnya.

Marquez musim lalu menyabet gelar juara dunia pada MotoGP Thailand. Di klasemen akhir, Baby Alien mengantongi 420 poin, sedangkan Dovizioso hanya mengantongi 269 poin.

Posisi ketiga di klasemen akhir ditempati pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, kemudian diikuti Alex Rins (Suzuki) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Rossi hanya menempati posisi ketujuh, di belakang Danilo Petrucci (Ducati).

Baca juga: Bersitegang di Masa Lalu, Lorenzo dan Rossi Malah Semakin Akrab

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menjajal Sirkuit Sepang dengan motor M1 spek 2020 pada hari kedua sesi tes pramusim, 8 Februari 2020.AFP/MOHD RASFAN Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menjajal Sirkuit Sepang dengan motor M1 spek 2020 pada hari kedua sesi tes pramusim, 8 Februari 2020.

"Pebalap Yamaha itu cepat, begitu pula dengan Suzuki. Marquez belum bisa diprediksi setelah operasi, tapi dia selalu menjadi pesaing yang kuat. Tidak akan mudah untuk merebut gelar juara MotoGP 2020," kata dia.

Dovizioso sendiri tidak mengkhawatirkan masa depannya di MotoGP. Ia juga menjalani tahun terakhir kontrak bersama Ducati. Sejauh ini, Ducati masih belum membicarakan kontrak pebalap karena mereka masih ingin melihat penampilan Dovizioso dan Danilo Petrucci di paruh pertama kompetisi musim ini.

"Meski saya sudah berusia 34 tahun, saya merasa ada di kondisi terbaik. Saya bisa bertarung dalam perburuan gelar juara dunia dan saya akan mencoba hal itu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com