Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Bahaya pada Anak, Fungsikan Child Safety Lock Pintu Mobil

Kompas.com - 10/02/2020, 13:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa keluaran mobil terbaru rata-rata sudah memiliki fitur child safety lock atau kunci pengaman pintu belakang.

Tetapi masih banyak para pengguna mobil yang masih tidak mengerti akan fungsi child safety lock.

Child safety lock ini membuat pintu tidak bisa terbuka dari dalam, Maka ketika berkendara dengan anak disarankan sebaikanya menempatkan mereka di bangku belakang. Jadi ketika anak memainkan handel pintu belakang, maka pintu tersebut tidak akan terbuka.

Baca juga: Jangan Berhenti di Bahu Jalan untuk Akali Ganjil Genap, Bisa Kena Denda Rp 500.000

Fitur ini biasanya terletak pada pintu kanan atau kiri sisi dalam, biasanya ada tulisan lock dengan anak panah penunjuk arah.

Untuk menguncinya cukup menggeser tuas dari posisi unlock ke lock. Ketika tuas diposisi lock maka pintu tersebut tidak bisa dibuka dari dalam.

Namun bagaimana tanggapan pakar safety terhadap fitur ini, apakah sudah efisien?

Ilustrasi Thinkstockphotos Ilustrasi

Jusri Pulubuhu selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) memberi tanggapan.

“Khususnya anak-anak yang kakinya belum bisa mencapai dasar kabin, maka anak tersebut wajib ditempatkan di baris kedua. Selain itu mereka juga harus menggunakan tempat duduk tambahan seperti booster seat atau baby seat,” ujar Jusri kepada Kompas.com di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Mana Lebih Murah, Suzuki XL7, Honda BR-V, atau Rush-Terios?

Menurut Jusri fitur ini memang sangat penting dari segi kemanan terutama bagi yang sering berkendara dengan anak agar pintu tidak terbuka secara tiba-tiba, mengingat anak kecil yang memiliki sifat aktif dan besar rasa ingin tahunya. Tetapi posisi duduk si kecil juga harus diperhatikan.

“Walaupun sudah ada fitur child lock, posisi duduk anak tetap harus diperhatikan. mengingat seatbelt dewasa belum bisa mengakomodir keselamatan mereka ketika terjadi pengereman tiba-tiba. Jadi, anak sebaiknya tetap ditempatkan di baby seat atau car seat,” ujar Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com