Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macet Bikin Stres dan Jadi Arogan, Begini Trik Redam Emosi di Jalan

Kompas.com - 10/02/2020, 13:12 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pekan lalu beredar video seorang pengendara Toyota Agya yang emosi lantaran tak terima ditilang oleh petugas polisi patroli jalan raya. Pengendara tersebut bahkan mengajak petugas untuk berduel.

Peristiwa yang diketahui terjadi di Gerbang Tol Angke II, Jelambar Baru, Grogol Petamburan, Jakarta Barat itu akhirnya viral. Saat ini kejadian tersebut sudah ditangani langsung oleh Polsek Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengingatkan para pengemudi untuk menghindari perilaku agresif atau marah yang ditujukan bagi pengguna jalan lain.

Baca juga: Daftar Harga Honda Civic Estilo Seken, Tembus Rp 250 Jutaan

Seorang pengendara berinisial TS melawan petugas ketika hendak ditilang di dekat Gerbang Tol Angke, Jakarta Barat, Jumat (7/2/2020).Instagram Seorang pengendara berinisial TS melawan petugas ketika hendak ditilang di dekat Gerbang Tol Angke, Jakarta Barat, Jumat (7/2/2020).

“Seharusnya pengemudi mampu mengontrol emosi dan tidak bertindak agresif kepada petugas yang menilangnya,” ujar Sony kepada Kompas.com (10/2/2020).

Agar kejadian tersebut tak kembali terulang, Sony mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengemudi untuk mengatur emosi saat berkendara.

“Setiap berkendara pasti melibatkan emosi sekecil apapun, itulah pentingnya saling menjaga toleransi dan mengalah kepada sesama pengguna jalan,” katanya.

Baca juga: Harga Civic Estilo Seken Makin Mahal, Ini Penjelasan Honda

Ilustrasi macetchat9780 Ilustrasi macet

Hal pertama yang bisa dilakukan pengemudi agar tidak emosi saat di jalan, yaitu memperhatikan manajemen waktu. Berkendara terburu-buru secara psikologis bakal membuat pengemudi lebih emosi, terlebih jika jalan yang dilalui terhambat.

“Jadi berangkat lebih awal membuat emosi lebih stabil, lebih tenang. Sebab kondisi macet pasti membuat stres,” ucapnya.

Kedua, pastikan untuk tidak membuat berbagai masalah sebelum atau saat berkendara. Hal ini dilakukan agar pengemudi tetap fokus mengemudi. Menghindari provokasi dari pengendara lain juga penting untuk menjaga emosi.

Kemudian, selalu upayakan untuk berpikir positif saat mengemudi. Terakhir, selalu patuhi peraturan lalu lintas dan tertib selama berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com