Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angka Kecelakaan Marquez Menurun di 2019, Ini Rahasianya

Kompas.com - 21/01/2020, 19:03 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez tidak hanya meraih gelar juara dunia pada MotoGP 2019. Pebalap asal Spanyol itu juga berhasil mengurangi secara signifikan jumlah crash yang dialami sepanjang gelaran musim lalu.

Melasir Speedweek, total terjatuh Marquez pada 2018 tercatat sebanyak 23 kali. Sementara di MotoGP 2019, ia hanya terjatuh 14 kali.

The Baby Alien, julukannya, mengaku bahwa hal tersebut sesuai rencana yaitu sebisa mungkin mengurangi potensi terjatuh dari motor karena apapun.

Baca juga: Usai Operasi Bahu, Marc Marquez Langsung Main Gokart

 

Kemampuan Marc Marquez menyelamatkan motornya dikagumi para rivalnya.motogp.com Kemampuan Marc Marquez menyelamatkan motornya dikagumi para rivalnya.

"Saya sudah merencanakan untuk mereduksi jumlah jatuh per musim akhir 2017 lalu. Karena sebelumnya, saya merasa bisa terjatuh lebih dari 30 kali setiap musim. Saat masuk MotoGP 2019, saya punya tujuan untuk mengurangi crash," kata Marquez, Selasa (21/1/2020).

Salah satu cara untuk mengabulkan hal itu, ialah mengubah gaya balapan. Marquez menyebut saat ini sudah tidak ceroboh lagi, dan lebih dewasa ketika mengambil keputusan di sirkuit.

"Tujuan saya berhasil karena saya mengubah gaya balapan, khususnya ketika menikung. Saya bisa mengurangi risiko terjatuh dan menggunakan kekuatan ekstra ketika keluar tikungan," ujarnya.

Baca juga: Dikabarkan Balik ke MotoGP dengan Aprilia, Ini Kata Biaggi

Alex Marquez Foto: Twiytter/ 100PercentGP Alex Marquez

"Tapi tidak bisa ditampik bahwa kami harus mengambil langkah pengembangan di area pengereman. Memang betul jumlah crash saya berkurang, tapi beberapa kali saya berusaha menyelamatkan diri agar tak terjatuh? Masih banyak yang harus kita lakukan karena ada suatu titik dimana potensi terjatuh bisa begitu besar," kata Marquez.

Marquez berharap, tim Repsol Honda bisa memperbaiki aspek tersebut di musim-musim mendatang agar pebalapnya tidak lagi mengalami hal sama yaitu sering terjatuh dari motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com