Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Jurus Satu Jari, buat Wanita saat Memilih Helm

Kompas.com - 20/01/2020, 14:26 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan roda dua sudah tidak lagi didominasi oleh kaum pria. Perempuan saat ini juga sudah banyak yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi.

Memakai sepeda motor, berarti wajib menggunakan helm untuk pelindung kepala. Sayangnya, masih ada sebagian perempuan yang memakai helm tidak standard, bahkan cenderung asal untuk sekadar tidak ditilang.

Alasan mereka sederhana, helm yang dipakai biasanya tidak sesuai dengan ukuran kepala.

Priadanis Nugroho Putra, Store Manager di RC Motogarage membagikan tips memilih helm yang tepat untuk wanita dalam memilih helm. Salah satu cara termudah adalah mengukur helm dengan menggunakan jari telunjuk.

Baca juga: Trik Memilih Helm Seken Merek Terkenal, Jangan Bekas Tabrakan

“Hal yang pertama harus memastikan dulu lingkar kepala, karena setiap helm pasti ukurannya berbeda. Contoh size S 55-56cm, size M 57-58, size L 59-60 dan XL 61-62,” kata Danis kepada Kompas.com, Senin (20/1/20)

Beberapa koleksi helm yang ada di RC MotogarageKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Beberapa koleksi helm yang ada di RC Motogarage

Danis mengatakan, banyak yang mengeluh di bagian pipi sempit saat mencoba helm. Menurutnya itu adalah hal yang wajar bahkan sebuah keharusan.

Karena jika bagian pipi tidak menjepit, yang akan menahan beban helm justru kepala. Itu yang membuat pengguna helm sering merasa pusing.

“Ketika sudah pakai helm, coba tes satu jari telunjuk diselipin di jidat. Kalo jarinya nggak masuk berarti helm itu sudah pas ukurannya. Terkadang kita suruh konsumen coba helm minimal 5 menit supaya mereka bisa merasakan nyaman atau tidak,” kata Danis.

Baca juga: Helm Replika Masih Jadi Andalan Sebagian Pencinta Helm

Namun tidak semua wanita awam akan pemilihan dan kegunaan helm, karena beberapa kali ia menemui custumer yang rela membeli helm seharga puluhan juta.

“Biasanya kebanyakan wanita yang ke sini kalau cari helm pasti rata-rata maunya yang murah, tapi kalau memang yang tahu helm dan motor, mereka rela mengeluarkan uang puluhan juta buat beli hem,” kata Denis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com