Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Fogging Interior dan Fungsinya

Kompas.com - 26/12/2019, 09:42 WIB
Fauzan Dary Setyawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekarang ini, banyak salon mobil yang menawarkan jasa baru, yakni foging interior. Secara kasat mata, kabin mobil disemprotkan asap putih tebal dalam beberapa menit. Apa fungsi dan kegunaan dari layanan ini?

Bani, Kepala Bengkel Spesialis Cuci Mobil Uap, Coating, dan Detailing Fortysix Garage, mengatakan, 

fogging interior ini tujuannya untuk mematikan kuman, bakteri serta virus yang mengendap di dalam ruang kabin mobil dengan metode uap.

“Tekniknya cukup mudah, yakni dilakukan penguapan dengan menggunakan alat yang bernama eco steamer yang berfungsi menyemprotkan uap selama 5 menit sampai seluruh ruang kabin terkena semprotan uap dan kaca mobil terlihat seperti berembun,” ujar Bani kepada KOMPAS.com, di Cipondoh, Tangerang, Selasa (24/12/2019).

Seluruh bagian ruang kabin akan disemprotkan oleh uap bertekanan 150 Psi. Termasuk bagian lubang Air Conditioner (AC) sampai karpet mobil pun juga akan terpapar uap yang disemburkan.

Baca juga: Alternatif Cuci Mobil dan Motor yang Hemat Air

Detial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.Kompas.com/Setyo Adi Detial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.

Bani menambahkan, teknik penguapan ini diklaim aman dan tidak akan merusak komponen interior mobil karena tidak ada campuran bahan kimia pada uap, murni berasal dari air yang dimasak melalui alat eco steamer sampai berbentuk uap bertekanan 150 Psi.

"Jadi kabin akan terasa lebih segar setelah dilakukan penguapan,” lanjut dia.

Setelah dirasa cukup, matikan alat eco streamer tersebut lalu tutup mobil dan diamkan selama 10 menit.

Baca juga: Tips Anti-Pegal Pakai Mobil Manual buat Jarak Jauh

Sesudah didiamkan, maka akan terlihat hasil dari penguapan yakni kondisi ruang kabin akan terasa lebih bersih. Bau, bakteri serta virus yang sebelumnya mengendap di ruang kabin pun diklaim hilang.

Namun, kata Bani, yang paling penting adalah kesadaran pengguna mobil untuk menjaga agar ruang kabin tetap bersih dan segar. Selalu bersihkan secara rutin dan jangan meninggalkan sampah atau kotoran di dalam kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com