Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerapan Sistem Satu Arah di Puncak Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 23/12/2019, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan diberlakukan sistem buka tutup satu arah atau one way secara tentatif selama musim liburan Natal dan tahun baru 2020.

Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni mengatakan, aturan tersebut telah diterapkan sejak Sabtu (21/12/2019). Menurut dia, rekayasa lalu lintas ini terbukti efektif.

"Sehingga kita terapkan situasional, tentatif, manakala hari Senin (23/12/2019) sudah banyak masyarakat yang ingin berlibur menggunakan jalur Puncak," katanya dalam keterangan resmi, Senin (23/12/2019).

Baca juga: Terlalu Padat, Akses Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Dibatasi

Volume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. PHRI setempat berharap segera direalisasikan jalur Puncak 2 sebagai upaya mengurangi beban kemacetan yang sangat berimbas pada tingkat okupansi hotel dan restoran.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Volume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. PHRI setempat berharap segera direalisasikan jalur Puncak 2 sebagai upaya mengurangi beban kemacetan yang sangat berimbas pada tingkat okupansi hotel dan restoran.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri menyebutkan, pemberlakuan one way secara tentatif selama liburan akhir tahun ini merupakan hasil dari analisis dan evaluasi (anev) Polres Bogor pada tahun-tahun sebelumnya.

"Rekayasa lalu lintas one way terbukti efektif. Pada pekan kemarin, yaitu sekitar jam 15.30 WIB, jalur Puncak telah dinormalkan kembali dua arah karena kepadatan arus telah berkurang," kata dia.

Sebagai informasi, sistem satu arah menuju atas (arah Puncak) berlaku sejak pukul 07.30 WIB sampai 12.30 WIB. Kemudian, pada pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB, satu arah diberlakukan menuju bawah atau Jakarta.

Baca juga: Jalur Puncak Bakal Ditutup Jelang Tahun Baru, Cari Jalur Alternatif

Sejumlah pemudik motor melewati jalan raya Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (18/6/2018). Memasuki H+3 Lebaran, arus balik yang melalui jalur Puncak, Bogor mulai didominasi pemudik motor yang berasal dari wilayah Cianjur, Bandung, Pangandaran dan Tasikmalaya.ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Sejumlah pemudik motor melewati jalan raya Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (18/6/2018). Memasuki H+3 Lebaran, arus balik yang melalui jalur Puncak, Bogor mulai didominasi pemudik motor yang berasal dari wilayah Cianjur, Bandung, Pangandaran dan Tasikmalaya.

Fadli melanjutkan, berdasarkan data yang ada, kendaraan yang keluar Gerbang Tol Ciawi pada Minggu (22/12/2019) sebanyak 22.490 kendaraan. Kemudian, pada hari yang sama sampai pukul 18.00 WIB, kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Ciawi sebanyak 20.711 kendaraan.

"Berdasarkan data tersebut, anggota Satlantas Polres Bogor tetap bersiaga untuk mengantisipasi kepadatan di jalur Puncak," ujarnya.

"Tentunya pembukaan dan penutupan arus ini akan menyesuaikan kondisi arus di lapangan, kami membagikan informasi secara real time di akun Instagram, Twitter, dan Facebook @tmcpolresbogor," kata Fadli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com