Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Negara dengan Tarif Parkir Termahal di Dunia

Kompas.com - 14/12/2019, 14:22 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com- Banyak negara di dunia yang berupaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Berbagai upaya dilakukan dengan harapan penggunaan kendaraan terutama mobil menjadi berkurang.

Salah satu yang kerap dilakukan adalah dengan menerapkan tarif parkir yang cukup tinggi. Dengan harapan, warganya akan berpikir ulang saat hendak membeli kendaraan pribadi.

Berikut 10 negara dengan tarif parkir termahal di dunia seperti dikutip dari Tribun News.com

London

Kota ini menerapkan tarif parkir per hari mencapai Rp 821.000. Bayangkan saja jika sebulan, tarif parkir saja bisa mencapai Rp 24,6 juta.

Besarnya tarif parkir yang diterapkan membuat London menjadi kota di Inggris dengan tarif parkir termahal di dunia.

Sehingga tidaklah mengherankan jika banyak masyarakat di sana yang lebih memilih menggunakan transportasi umum dibanding menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: e-Uji Emisi Integrasikan Hasil Uji Emisi Kendaraan dengan Data Pajak dan Tarif Parkir

Hongkong

Diurutan kedua negara dengan tarif parkir termahal adalah Hong Kong. Hong Kong mungkin hanya sebagai daerah administratif Republik Rakyat China.

Tetapi Hong Kong sebagai negeri persemakmuran Inggris menerapkan tarif parkir yang mirip dengan London. Sebagai pulau yang lalu lintas keuangannya tinggi, Hong Kong termasuk kota yang sempit.

Karena itu Hong Kong menerapkan tarif parkir langganan hingga Rp 6,6 juta per bulan.

Baca juga: Mobil Ini Parkir Berbulan-bulan di Bandara, Tagihannya sampai Rp 10 Juta

Tokyo 

Negara Jepang khususnya kota Tokyo menerapkan sistem untuk mengurangi kemacetan yang berasal dari penggunaan kendaraan pribadi. Sistem yang diterapkan yaitu tarif parkir yang tidak murah.

Jika kendaraan parkir maka akan dikenai sekitar Rp 743.000 per harinya. Kalau tiap hari memarkir kendaraan, hitungan per bulan mencapai Rp 22 juta.

Roma, Italia

Mengemudikan mobil di Roma, Italia adalah sebuah pengalaman yang sangat mengesankan. Anda bisa mengelilingi kota dengan keindahannya.

Tapi kalau untuk urusan parkir kamu harus merogoh kantong Rp 5,4 juta dalam sebulan. Tidak murah bukan?

Baca juga: Pilih Lokasi Parkir Aman Selama Musim Hujan

Zurich

Kota yang terkenal dengan pemandangan gunung salju di sekitarnya ini termasuk dalam deretan kota dengan tarif parkir yang mahal.

Ibu kota Swiss ini lebih memanfaatkan lahannya untuk rumah dan gedung. Mengingat sebagian besar wilayahnya adalah gunung salju.

Untuk mencegah kepadatan dalam kota, pemerintah Zurich menerapkan tarif parkir yang sangat mahal. Untuk satu harinya, tiap kendaraan akan dikenakan biaya parkir senilai Rp 606.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com