Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Istirahat di Rest Area Dibatasi Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 13/12/2019, 06:32 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri akan melakukan pembatasan waktu istirahat bagi pengguna kendaraan yang melintas di jalan tol, saat libur Natal dan Tahun Baru 2020. Tingginya volume kendaraan yang diperkirakan melintas di jalan tol menjadi salah satu pertimbangannya.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Istiono memperkirakan, saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 akan terjadi kenaikan volume kendaraan di jalan tol.

Guna menghindari potensi kemacetan dan penumpukkan kendaraan, pihaknya akan membatasi waktu istirahat di rest area tol.

Baca juga: Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II: Terpanjang di Indonesia, Dapat Menahan Megathrust

Selain itu, pembatasan waktu istirahat ini juga untuk menjamin kenyamanan dan keamanan perjalanan. Adapun batasan waktu istirahat para pengendara, ialah antara 30-60 menit.

"Kami telah melakukan survei jalur mudik Natal dan Tahun Baru. Dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kelancaran arus mudik di akhir tahun nanti, kami batasi waktu istirahat di rest area tol," katanya di keterangan resmi, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Rest area jadi tempat kumpul komunitas mobilFoto: Istimewa Rest area jadi tempat kumpul komunitas mobil

Istiono menambahkan, Korlantas juga akan memberikan tempat kepada pengendara pertama yang datang ke rest area.

“Kami kasih kavling. (Kendaraan) pertama datang, kami suruh jalan pakai waktu. Ada anggota yang mengatur. Waktu istirahatnya sekitar 30 menit sampai satu jam, supaya tidak menumpuk," ujar Istiono.

ILUSTRASI kemacetan di tol JORR KOMPAS/AGUS SUSANTO ILUSTRASI kemacetan di tol JORR

Baca juga: Hari Ini Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia

Jenderap polisi bintang dua ini juga menyampaikan, Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat akan mengerahkan para polwan untuk memimpin senam peregangan otot di siang dan sore hari. Supaya, pengendara bisa kembali aktif mengemudi dengan optimal.

"Nanti Dirlantas Polda Jabar yang punya konsep, dilatihkan fungsinya memimpin senam peregangan pada waktu siang dan sore," kata dia.

Kendaraan pemudik terjebak macet di Tol Cikampek, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Pada H+2 lebaran, Tol Cikampek mulai dipadati kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Kendaraan pemudik terjebak macet di Tol Cikampek, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Pada H+2 lebaran, Tol Cikampek mulai dipadati kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta.

Sebagai informasi, menurut survei daring Kementerian Perhubungan, sebanyak 48 persen masyarakat yang ingin berlibur diakhir tahun dengan tujuan domestik akan memilih moda transportasi mobil pribadi.

Baca juga: Waspada, 6 Hal Penyebab Kecelakaan Fatal di Jalan Tol

Total jumlah pengguna angkutan umum darat, laut, dan udara sendiri menurut proyeksi mencapai 16,41 juta orang, naik tipis 0,18 persen dibandingkan libur akhir tahun sebelumnya. Sebanyak 70 persen dari pergerakan arus libur akhir 2019 berkutat di seputar Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com