Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kejadian Sepeda Motor Masuk Tol Selama 2019

Kompas.com - 12/12/2019, 13:53 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini viral video seorang pengendara sepeda motor yang hendak masuk jalan tol melalui gerbang Ciledug. Tetapi, aksi seorang pria yang tidak diketahui identitasnya itu gagal.

Video yang diketahui merupakan milik @rinnmoka itu diunggah oleh akun @tangerang. Sejak diunggah enam jam yang lalu, sedikitnya sudah ditonton oleh 46.677 orang.

Berikut 5 kejadian pemotor yang pernah masuk jalan tol

1. Perempuan Masuk Tol Gunung Sari, Surabaya

Video yang menunjukkan seorang perempuan mengendarai motor dengan kecepatan tinggi melintas di jalan tol, beredar di media sosial Twitter. Sejumlah akun membagikan video ini, salah satunya akun @aslisuroboyo.

Dalam video itu, perempuan itu tampak mengendarai motornya dengan gesit, mencari celah di antara mobil yang melintas. Berdasarkan narasi yang dibagikan dalam unggahan yang beredar, disebut bahwa peristiwa ini terjadi di Tol Gunung Sari, Surabaya.

Pengguna Twitter banyak yang meninggalkan komentar dan reaksinya pada unggahan tersebut.

“Calon super power emak-emak,” tulis salah satu akun.

“Kenceng mbaknya naik motor sampai enggak ngeh kalau salah jalan. Mbak, jalanmu salah, taubatlah, eh berhenti lah,” tulis akun lainnya.

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Polda Jawa Timur AKBP Bambang Sukmo Wibowo, menyebutkan, peristiwa itu sudah lama terjadi. Menurut Bambang, tidak terjadi sesuatu pada pengendara tersebut.

“Nasibnya baik saja, itu sudah lama,” kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Minggu Minggu (6/10/2019) sore.

Bambang mengatakan, jika polisi mengetahui peristiwa itu, sang pengendara pasti akan ditilang. Tindakan seperti itu melanggar peraturan lalu lintas.

“Kalau ketahuan polisi, pasti ditilang,” ujar dia.

Baca juga: Viral, Video Perempuan Pengendara Motor Ngebut di Tol Gunung Sari Surabaya

2. Bapak-bapak masuk tol Waru

Akhir September lalu, seorang bapak yang mengendarai sepeda motor juga masuk ke jalur tol hingga tersasar keluar di Jalan Tol Waru. Hal ini terjadi karena ia salah mengikuti imbauan dari Google Maps yang digunakannya.

Akibatnya, pria itu ditilang oleh petugas karena melanggar peraturan berlalu lintas.

Menanggapi kejadian semacam ini, Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Polda Jawa Timur AKBP Bambang Sukmo Wibowo mengimbau agar para pengendara khususnya sepeda motor, untuk lebih memahami peraturan lalu lintas.

“Imbauan secara umum bukan hanya di tol. Ya harus memahami peraturan lalu lintas, dalam arti menerapkannya karena kecelakaan selalu diawali dari perilaku ceroboh atau pelanggaran,” kata Bambang.

Baca juga: Viral Sepeda Motor Masuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Seorang pengendara sepeda motor yang ketahuan masuk ke jalan tol. Kejadian kali ini dilaporkan terjadi di Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta menjelang keluar pintu tol Pondok Aren, Tangerang Selatan.Instagram/tangsel.life Seorang pengendara sepeda motor yang ketahuan masuk ke jalan tol. Kejadian kali ini dilaporkan terjadi di Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta menjelang keluar pintu tol Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com