Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kejadian Sepeda Motor Masuk Tol Selama 2019

Video yang diketahui merupakan milik @rinnmoka itu diunggah oleh akun @tangerang. Sejak diunggah enam jam yang lalu, sedikitnya sudah ditonton oleh 46.677 orang.

Berikut 5 kejadian pemotor yang pernah masuk jalan tol

1. Perempuan Masuk Tol Gunung Sari, Surabaya

Video yang menunjukkan seorang perempuan mengendarai motor dengan kecepatan tinggi melintas di jalan tol, beredar di media sosial Twitter. Sejumlah akun membagikan video ini, salah satunya akun @aslisuroboyo.

Dalam video itu, perempuan itu tampak mengendarai motornya dengan gesit, mencari celah di antara mobil yang melintas. Berdasarkan narasi yang dibagikan dalam unggahan yang beredar, disebut bahwa peristiwa ini terjadi di Tol Gunung Sari, Surabaya.

Pengguna Twitter banyak yang meninggalkan komentar dan reaksinya pada unggahan tersebut.

“Calon super power emak-emak,” tulis salah satu akun.

“Kenceng mbaknya naik motor sampai enggak ngeh kalau salah jalan. Mbak, jalanmu salah, taubatlah, eh berhenti lah,” tulis akun lainnya.

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Polda Jawa Timur AKBP Bambang Sukmo Wibowo, menyebutkan, peristiwa itu sudah lama terjadi. Menurut Bambang, tidak terjadi sesuatu pada pengendara tersebut.

“Nasibnya baik saja, itu sudah lama,” kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Minggu Minggu (6/10/2019) sore.

Bambang mengatakan, jika polisi mengetahui peristiwa itu, sang pengendara pasti akan ditilang. Tindakan seperti itu melanggar peraturan lalu lintas.

“Kalau ketahuan polisi, pasti ditilang,” ujar dia.

2. Bapak-bapak masuk tol Waru

Akhir September lalu, seorang bapak yang mengendarai sepeda motor juga masuk ke jalur tol hingga tersasar keluar di Jalan Tol Waru. Hal ini terjadi karena ia salah mengikuti imbauan dari Google Maps yang digunakannya.

Akibatnya, pria itu ditilang oleh petugas karena melanggar peraturan berlalu lintas.

Menanggapi kejadian semacam ini, Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Polda Jawa Timur AKBP Bambang Sukmo Wibowo mengimbau agar para pengendara khususnya sepeda motor, untuk lebih memahami peraturan lalu lintas.

“Imbauan secara umum bukan hanya di tol. Ya harus memahami peraturan lalu lintas, dalam arti menerapkannya karena kecelakaan selalu diawali dari perilaku ceroboh atau pelanggaran,” kata Bambang.

3. Pengendara masuk tol Jakarta - Cikampek

Sebuah video yang memperlihatkan seorang pengendara mobil tengah merekam adanya sepeda motor yang memasuki jalan tol Jakarta-Cikampek viral di media sosial Instagram, Minggu (8/12/2019).

Adapun unggahan tersebut diunggah oleh akun Instagram @onlinebekasi. Dalam video tersebut terdapat narasi bahwa ada pengendara sepeda motor yang memasuki jalan tol Jakarta-Cikampek tepatnya keluar Purbaleunyi.

"Dibalap ama motor, motor baru test drive di jalan tol" kata perekam video.

Saat dikonfirmasi, Kepala Sub Bagian Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Hendra Damanik membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, lokasi saat video diambil adalah di jalan tol Jakarta-Cikampek mengarah ke Cikampek tepatnya di KM 65.

"Kan sekarang itu memang kalau mau bayar kan di pintu keluar, jadi memang banyak pengendara yang kurang paham lalu lintas, dia pikir itu bisa menuju arah pabrik atau gimana, " katanya kepada Kompas.com, Rabu (11/12/2019).

Hal ini menurutnya bukan kali ini saja terjadi, beberapa kali kerap ditemui pengendara sepeda motor yang masuk jalan tol walaupun sudah dikejar oleh petugas. Namun, pihaknya selalu mengawal dan menggiring pemotor yang masuk ke jalan tol menuju pintu keluar terdekat.

Bila tidak dikawal dan digiring menuju pintu tol terdekat, hal tersebut akan membahayakan dirinya sendiri dan pengendara yang lain.

"Sebisa mungkin kita menyelamatkan nyawa pemotor tersebut dengan memastikannya untuk keluar dari tol dengan selamat," kata Hendra.

4. Lima remaja masuk tol Tomang

Akhir tahun 2018 lalu, sedikitnya lima remaja masuk di jalan tol Tomang arah Tangerang KM 1.200, Jakarta Barat, Minggu (11/11/2018). Nahasnya, kelima remaja itu mengalami kecelakaan karena melaju berlawanan arah.

Staf Komunikasi Informasi Ruas JTC (Jakarta Tangerang Cengkareng) PT Jasa Marga, Ahmad Heri Safari, mengatakan kelima remaja naik dua sepeda motor. Kecelakaan terjadi saat sepeda motor mereka melaju berlawanan arah.

"Kalau pengakuan anak-anak itu, dia mungkin dari arah Slipi, masuk tol, entah mau ke mana tapi sempat nanya sama supir ojek online. Dia (kelima remaja) katanya mau ke Kebon Jeruk, diarahkan sama ojek online itu masuk tol," kata Heri.

5. Perempuan masuk tol Madiun

Seorang perempuan pengendara motor Honda Vario bernopol K 6792 PG itu melintas dengan kecepatan tinggi di jalur tol Madiun yang ramai. Perempuan itu kemudian diamankan oleh sejumlah petugas tol mengamankan di KM 637 ruas tol Madiun Nganjuk.

Kasat PJR Polda Jatim AKBP Bambang Sukmo Wibowo saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (12/6/2019) siang membenarkan peristiwa masuknya pengendara sepeda motor ke ruas tol Madiun-Nganjuk. Bambang menyebutkan peristiwa itu terjadi pada Selasa (11/6/2019) sore.

"Peristiwanya terjadi kemarin sore sekitar pukul 17.00 WIB. Kami mengetahui setelah ada pengguna tol yang menyampaikan ada pengendara sepeda motor masuk tol," kata Bambang.

Mendapatkan laporan tersebut, kata Bambang, tim petugas menghentikan pemotor perempuan asal Pati itu di KM 637. Saat dihentikan petugas, pengendara perempuan berinisial SF (30) mengaku dari Surabaya hendak menuju Pati.

"Kami amankan di KM 637. Sekitar 30 kilometer dari gerbang tol Madiun. Tetapi arahnya dia keliru. Semestinya di barat tetapi malah ke timur ke arah Nganjuk," ucap Bambang.

Namun lantaran tidak tahu arah, kata Bambang, perempuan itu akhirnya tersesat masuk ke ruas tol Madiun. Ia menduga perempuan itu nekat masuk ke gerbang tol setelah melihat papan petunjuk menuju arah Solo.

Tak lama kemudian, ia mengikuti di belakang mobil hingga akhirnya bisa masuk gerbang tol. Setelah diamankan petugas, lanjut Bambang, perempuan itu dibawa keluar tol melalui gerbang tol Nganjuk.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/12/135302715/5-kejadian-sepeda-motor-masuk-tol-selama-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke