Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Honda PCX dan Yamaha NMAX, Pilih Mana?

Kompas.com - 03/12/2019, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan antara Honda PCX dengan Yamaha NMAX di pasar otomotif roda dua tanah air menarik untuk diikuti. Memiliki status yang hampir sama, harga jual untuk dua rival itu pun juga tak jauh berbeda.

Berdasarkan laman resmi masing-masing, PCX memiliki harga mulai Rp 28,9 juta sampai Rp 31,9 juta yang terdiri dari varian CBS dan ABS. Sementara NMAX dibanderol Rp 27,7 juta untuk varian non ABS dan Rp 31,4 juta bagi yang sudah memiliki ABS.

Adapun NMAX model 2020 yang baru saja diluncurkan, diperkirakan akan ditawarkan mulai Rp 30 jutaan.

Yamaha Nmax 2020 Yamaha Nmax 2020

Fitur

PCX memiliki fitur yang berlimpah mulai dari pencahayaan LED dengan hazard lamp (lampu darurat), idling stop system (ISS) untuk menghemat bahan bakar, smart key system terintegrasi keyless dan DC outlet, dan lainnya.

Skuter matik ini juga memiliki banyak fungsi pengaman seperti alarm dan answer back system. Sehingga, mencegah prilaku maling dan sekaligus memudahkan pencarian kendaraan di lokasi yang padat.

Sementara NMAX, fiturnya bisa dibilang terbatas, yaitu pencahayaan LED, suspensi belakang jenis tabung yang menjanjikan kestabilan dan kenyamanan berkendara, serta panel instrumen LCD.

Baca juga: Estimasi Harga Yamaha NMAX Terbaru

Kompas.com di atas Honda All New PCX.F Yosi for Kompas.com Kompas.com di atas Honda All New PCX.

Kedua motor tersebut sama-sama menyediakan varian yang sudah disematkan fitur pengereman anti-lock braking system (ABS).

Tetapi, jika dibandingkan dengan NMAX model 2020, fitur PCX jauh kalah. Motor benar-benar disematkan segudang fitur mulai dari Smart Key System, Comunication Control Unit (CCU) yang mengkoneksikan skutik dengan telepon berbasis bluetooth, serta panel instrumen LCD.

"Ini perpaduan TMAX dan XMAX, sehingga memiliki banyak fitur baru dan mesin baru," kata President Director Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Minoru Morimoto, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Yamaha NMAX menjadi fenomena unik di Eropa, digemari sebagai sepeda motor harian.YIMM Yamaha NMAX menjadi fenomena unik di Eropa, digemari sebagai sepeda motor harian.

Performa

Skutik bongsor andalan Honda ini dibekali mesin berkapasitas 149,3 cc dengan bore x stroke 57,3 x 57,9 mm, sama percis dengan milik Vario 150 eSP. Meski demikian, disebut mesin PCX sudah pakai teknologi eSP terbaru dengan beberapa penyesuaian.

Jantung pacu tersebut mampu membuat motor menghasilkan daya 14,4 tk pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,2 Nm di 6.500 rpm.

Sementara NMAX dipercayai mesin berkapasitas 155 cc dengan bore x stroke 58 x 58,7 mm. Tenaga yang dihasilkan motor mencapai 14,8 tk padad 8.000 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm di 6.000 rpm.

Baca juga: Aplikasi Y-Connect Andalan Yamaha NMAX Baru Masih Bodong

All-New Honda PCXFebri Ardani/KompasOtomotif All-New Honda PCX

Adapun NMAX terbaru, disebut akan memiliki penyempurnaan di bagian dapur pacu juga. Artinya, motor disematkan mesin baru.

Meski belum dirilis secara resmi, GM Aftersales & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing M. Abidin menyebut, bagian mesin yang berubah seperti cylinder head, katup, dan sekitarannya.

"Pistonnya pakai punya R15, cylinder head jadi dibuat baru. Katup diperbesar dari ukuran 19,5 mm menjadi 20,5 mm," kata dia.

Maka, ubahan tersebut membuat kompresi mesin meningkat dari 10,5:1 menjadi 11,6:1. "Tenaganya pun naik sekitar 9,3 Ps menjadi 15,4 tk," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com