Aplikasi Y-Connect Andalan Yamaha NMAX Baru Masih Bodong

Kompas.com - 03/12/2019, 07:22 WIB
Yamaha Nmax 2020 Yamaha Nmax 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi baru Yamaha NMAX resmi meluncur di penghujung 2019. meski begitu skutik yang jadi tulang punggung penjualan Yamaha di kelas 150cc ini baru akan resmi dilego tahun depan.

Yamaha membekali NMAX generasi baru dengan berbagai teknologi terkini. Salah satu yang diunggulkan ialah Communication Control Unit (CCU) yang bisa menghubungkan motor dengan ponsel pengendara.

Yamaha bahkan mengklaim kalau NMAX jadi skuter matik pertama yang menawarkan teknologi itu ke konsumen. 

Baca juga: Yamaha NMAX Terbaru, Hasil Perpaduan TMAX dan XMAX

Teknologi ini memanfaatkan aplikasi digital bernama Yamaha Motorcycle Connect ( Y-Connect) yang harus diunduh terlebih dahulu. Aplikasi tersebut yang nantinya terhubung dengan ponsel melalui konektivitas Bluetooth.

Yamaha Y-ConnectFoto: Rekam layar iOS Yamaha Y-Connect

Aplikasi ini memungkinkan pengendara mengecek berbagai informasi teknis soal kondisi motor, seperti posisi parkir, servis berkala, rata-rata konsumsi bahan bakar, waktu ganti oli, dan lain sebagainya.

Sama seperti unitnya yang baru dilepas ke pasar pada 2020, setelah dicek, aplikasi Y-Connect tersebut ternyata juga belum tersedia di toko aplikasi digital baik untuk sistem operasi Android maupun iOS.

"Belum. Nanti kita akan umumkan saat public launch. Kapannya belum," kata Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing kepada Kompas.com, Senin (2/12/2019).

Baca juga: Motor Custom Yamaha XSR155 di Thailand dengan Tiga Konsep

Yamaha Nmax 2020 Yamaha Nmax 2020

Saat dicek di toko aplikasi digital sudah ada beberapa aplikasi bernama Y-Connect, tapi tak satupun yang berhubungan dengan dunia otomotif melainkan kesehatan dan edukasi. Satu yang mirip yaitu aplikasi Yamaha tapi untuk musik.

Adapun jika memakai kata kunci pencarian Yamaha Motorcycle Connect maka yang keluar ialah berbagai aplikasi untuk motor Yamaha tapi mayoritas untuk luar negeri. Adapaun yang mendekati ialah katalog komponen.

Selain aplikasi yang masih bodong, Yamaha juga belum merinci harga jual NMAX baru. Harga skutik yang masuk keluarga MAXI Yamaha ini baru dirilis tahun depan. Kemungkinan bertepatan dengan rilisnya aplikasi tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X