Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Mick Doohan Lihat Simulasi Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 24/11/2019, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mick Doohan, juara dunia lima kali GP 500 sekaligus legenda balap dunia datang ke Indonesia melihat prosesi launching MGPA dan pre order tiket MotoGP Indonesia 2021.

Doohan pun ikut melihat simulasi menaklukan Sirkuit Mandalika yang dipertontonkan di kawasan area parkir Lot 17 SCBD. Menurutnya desain Sirkuit Madalika memiliki karakter yang cukup bagus.

Baca juga: Mick Doohan Hadir di Pra-Peluncuran GP Mandalika

"Simulasi ini tidak hanya menggambarkan soal Lombok atau Mandalika tapi juga mengenai MotoGP itu sendiri. Ini adalah murni akselerasi, kecepatan, dan murni balapan. Jadi saya lihat sejauh ini sangat bagus," katanya di Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Saat nanti digunakan, Sirkuit Mandalika akan jadi sirkuit jalan raya pertama di MotoGP. Sirkuit ini memiliki panjang 4,32 km dengan jumlah 18 tikungan. Keunikan sirkuit ini hanya memiliki satu lintasan lurus.

Berfoto dari kiri ke kanan dari arah pembaca Happy Harinto (Strategic Steering Committee-Senior Advisor Mandalika Grand Prix Association/MGPA), Abdulbar M Mansoer (Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC sekaligus komisaris MGPA), dan Ricky Baheramsjah (CEO MGPA) saat jumpa pers perkembangan terkini Sirkuit Mandalika, Kamis (14/11/2019) di Jakarta. Kompas.com/Josephus Primus Berfoto dari kiri ke kanan dari arah pembaca Happy Harinto (Strategic Steering Committee-Senior Advisor Mandalika Grand Prix Association/MGPA), Abdulbar M Mansoer (Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC sekaligus komisaris MGPA), dan Ricky Baheramsjah (CEO MGPA) saat jumpa pers perkembangan terkini Sirkuit Mandalika, Kamis (14/11/2019) di Jakarta.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation ( ITDC), Abdulbar M Mansoer, memastikan Sirkuit Mandalika akan selesai dibangun pada akhir 2020 mendatang.

Saat ini Sirkuit Mandalika sudah memasuki tahap ground working badan jalan yang telah mencapai 30 persen. Pengaspalan dimulai Januari 2020, dan kemudian dilanjutkan dengan upgrading jadi lintasan balap.

Baca juga: Harga Tiket MotoGP Mandalika Bervariasi, Ini Penjelasannya

ITDC dan MGPA memastikan pembangunan sirkuit dapat selesai akhir 2020 sehingga dapat menjamu tes pra-musim 2021, yang diperkirakan berlangsung Februari atau Maret 2021 sebelum musim balap 2021 dimulai.

"Setelah selesai, Dorna telah menunjuk Sirkuit Mandalika untuk menggelar pra musim MotoGP 2021. Ini merupakan pertama dan kehormatan meski saat ini sirkuit masih dalam pembangunan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com