Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Motor Matik Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini

Kompas.com - 31/10/2019, 08:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan pada sepeda motor bukan hanya sekadar penggantian oli secara rutin saja. Khusus untuk motor matik atau skutik, ternyata ada tiga komponen penting yang hukumnya wajib untuk dirawat.

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, setidaknya ada tiga komponen yang harus selalu diperhatikan perawatannya.

Ketiga komponen tersebut ada pada transmisi otomatis atau CVT (Continuously Variable Transmission), yakni V-belt, roller, dan kanvas kopling.

Baca juga: Jangan Sampai Karet CVT Skutik Putus di Jalan

V-belt berfungsi sebagai penghubung pulley primer dengan pulley sekunder. Komponen yang satu ini dapat putus jika sudah menempuh jarak tertentu. Sebaiknya, diganti setiap 50.000 km.

CVT skutik Yamaha yang sedang dibongkat untuk bisa mendapat perbaikan.Ghulam/Otomania CVT skutik Yamaha yang sedang dibongkat untuk bisa mendapat perbaikan.

"V-Belt yang tidak terawat dapat menyebabkan masalah dan bahaya saat motor sedang melaju di jalan," ujar Ade, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Roller juga tak kalah penting untuk dirawat. Meskipun bentuknya kecil, tapi fungsinya cukup besar. Roller pada skutik terdiri dari beberapa buah. Jika rusak satu roller, maka sebaiknya diganti semuanya.

Baca juga: Pilihan Skutik Bekas Murah Rp 5 Jutaan

"Gejala yang ditimbulkan jika roller rusak dapat diketahui dari terdengarnya bunyi atau suara berisik di dalam CVT bagian depan," kata Ade.

Ketebalan dari kanvas kopling wajib diperhatikan, karena jika sudah di bawah batas servis akan sangat berbahaya jika digunakan. Ade menjelaskan, hal tersebut akan merusak komponen CVT lainnya seperti mangkok kopling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com