Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Toyota Yaris Generasi Terbaru

Kompas.com - 17/10/2019, 17:16 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Yaris generasi terbaru resmi dikenalkan bertepatan dengan perayaan 20 tahun debut hatchback kompak tersebut. Dibandingkan model sebelumnya, Yaris generasi keempat telah menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture).

Berbeda dengan C-HR, Prius, dan Corolla yang menggunakan TNGA-C, Yaris mengusung TNGA-B yang lebih ringkas.

Dalam keterangan resminya, Yaris kini lebih pendek 5 mm dan lebih rendah 40 mm, namun dengan jarak sumbu roda lebih panjang 50 mm. Bobotnya pun berkurang 50 kg.

Baca juga: Diskon Toyota Yaris Tembus Rp 35 Juta

Toyota Yaris generasi keempat menggunakan platform TNGA-B yang lebih kompakToyota Global Toyota Yaris generasi keempat menggunakan platform TNGA-B yang lebih kompak

Ubahan ini diklaim membuat karakter Yaris menjadi lebih kaku dan membuatnya stabil saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Dari sisi kenyamanan, Yaris juga disebut lebih kedap suara dan minim getaran. Paling menyenangkan karena sumbu roda bertambah, artinya ruang kabin jadi lebih lega.

Sementara soal eksterior dan interiornya, Yaris terbaru kental nuansa sporty dan modern. Permainan warna dual tone di bagian atap dan lampu belakang membuatnya makin terlihat beda saat berada di jalan.

Baca juga: Cara Toyota Kembali Suguhkan Yaris ke Millennial

Tampak belakang dari Toyota Yaris generasi keempatToyota Global Tampak belakang dari Toyota Yaris generasi keempat

Masuk ke interior, desain segar tampak dari aura kabin yang mengusung konsep minimalis dan modern. Terdapat layar entertainment cukup besar di tengah, dan tombol di setir yang cukup banyak. Terlihat pula beberapa ruang penyimpanan terbuka di bawah kisi AC tengah.

Pada model hybrid-nya, Yaris mendapat tambahan panoramic roof dan beberapa ambient light yang memberikan kesan futuristis. Yaris terbaru juga sudah mengusung Electronic Parking Brake, sedangkan varian standar masih menggunakan rem tangan biasa.

Di sektor dapur pacu, tersedia pilihan mesin hybrid dan non-hybrid. Mesin hybrid yang digunakan berkapasitas 1.500 cc 3-silinder Atkinson Cycle yang dikawinkan dengan motor listrik dan baterai.

Baca juga: Toyota Yaris Unjuk Gigi di Ajang Balap, Lokal dan Internasional

Desain interior bagian dasbor dari Toyota Yaris generasi keempatToyota Global Desain interior bagian dasbor dari Toyota Yaris generasi keempat

Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi Direct Shift CVT, yang menghasilkan tenaga sekitar 115 PS dengan tambahan 80 PS dari motor listrik.

Sementara untuk mesin non-hybrid tersedia dalam pilihan 1.500 cc 4-silinder dan 1.000 cc 3-silinder, dengan pilihan transmisi otomatis CVT dan manual 6-percepatan.

Yaris generasi keempat rencananya akan dijual di Jepang mulai pertengahan Februari 2020, dan akan dipamerkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2019 akhir Oktober ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com