Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Penguasaan Analog Kelistrikan buat Teknisi Motor

Kompas.com - 21/08/2019, 13:48 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu ujian dalam kompetisi teknisi tahunan, Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2019 adalah penyelesaian permasalahan kelistrikan.

Menariknya, dalam AHM-TSC 2019 peserta tidak menggunakan multimeter (alat pengukur) digital melainkan analog. Peserta dituntut kembali ke cara dasar dengan alat ukur yang presisi.

Baca juga: Pemenang Astra Honda Motor Technical Skill Contest 2019

Agung Prasetyo, juara 1 AHM-TSC 2019 kategori teknisi dari Astra Motor Semarang, mengatakan, penggunaan multimeter analog cukup menyulitkan karena selama ini sudah biasa pakai digital.

"Kalau digital hasilnya sudah angka, tapi analog pakai jarum. Itu yang sulit. Jadi seperti balik ke basik. Tujuannya saya rasa itu, supaya kita tidak terlalu tergantung alat," kata Agung kepada Kompas.com, di Selasa (20/8/2019).

Astra Honda Motor Technical Skill Contest 2019Foto: AHM Astra Honda Motor Technical Skill Contest 2019

Multimeter merupakan alat untuk mengukur tegangan, arus dan hambatan pada berbagai bagian kelistrikan. Untuk AHM-TSC 2019, digunakan untuk mengukur arus dan hambatan pada koil.

Baca juga: Tantangan Kompetisi Teknisi Honda Makin Berat Tiap tahun

Menaikkan Skill
Thomas Wijaya, Direktur Marketing AHM, mengatakan, penggunaan multimeter analog saat kontes supaya para peserta teknisi lebih teliti dalam perkerjaannya.

"Kompetisi ini merupakan bukti keseriusan Honda untuk mengembangkan sumber daya manusia sejalan dengan teknologi terbaru pada motor Honda," kata Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com