Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Suntik Mati, Suku Cadang RX-King Masih Terjaga

Kompas.com - 01/08/2019, 16:32 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha RX-King sudah disuntik mati sejak 2009 silam. Kini satu dekade kemudian pada 2019 penggemarnya justru makin banyak. Motor yang lalu lalang juga terlihat motor sehat terawat.

Salah satu penyebab penggemar RX-King tak putus ialah karena masih banyak suku cadang. Ada banyak toko yang menjual spareparts RX-King. Belum lagi karena kemajuan zaman, forum jual beli makin mudah karena online.

Soal ketersediaan ini diakui oleh Dede alias Kodel. Pria yang sempat mengoleksi belasan "motor jambret" ini bahkan akhirnya membuka toko spareparts sendiri karena banyaknya permintaan dari komunitas.

Baca juga: RX-King 20th Anniversary, Motor Legendaris di Indonesia

“Toko ini buka karena kebetulan. Ceritanya tahun 2016 waktu ngumpulin barang buat kebutuhan sendiri ternyata banyak teman yang perlu buat motor mereka, akhirnya saya buka toko ini,” kata Kodel, dikutip Kompas.com, belum lama ini.

Toko Sparepart RX-KingKOMPAS.com/Gilang Toko Sparepart RX-King

Kodel mengatakan komunitas RX-King sangat aktif di Indonesia, dan bisa dikatakan kedua terbesar di setelah Vespa. Beruntung, sampai saat ini suku cadangnya juga masih banyak, yang dijamin dari Yamaha Indonesia.

Rasyidur Raqib, pemilik RR Part Shop, toko yang menjual berbagai spareparts buat RX-King dan juga motor lawas lain, juga mengatakan sparepart relatif masih banyak. Sebab motor ini memang primadona di zamannya.

Baca juga: Wajarkah Banderol RX-King Sampai Rp 300 Juta?

Di tokonya Rasydur menjual blok mesin, bodi, sampai ke baut-baut original. Barang yang ditawarkan kebanyakan original NOS atau New Old Stock. Ada juga inden jika barang yang dicari sulit.

Spareparts RX-KingKOMPAS.com/Gilang Spareparts RX-King

Jaminan Yamaha
Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Mohammad Masykur pada 2016, pernah mengatakan bahwa Yamaha adalah tetap memproduksi suku cadang inti selama 10 tahun sejak model tersebut disuntik mati.

Suku cadang inti RX King masih diproduksi di pabrik Yamaha. Produksi terakhir RX King tahun 2009 jadi masih akan diproduksi sampai tahun 2019,” kata Masykur pada Selasa (15/3/2016). Setelah ini apakah bakal masih banyak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com