Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Pembelian Mobil Baru Jimny Tunai

Kompas.com - 19/07/2019, 17:13 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pada pameran otomotif nasional GIIAS 2019, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi merilis generasi keempat Suzuki Jimny. Mobil baru ini dipasarkan dengan harga Rp 315,5 juta-Rp 330 juta.

Pengumuman harga resmi Jimny ini membuat para pecintanya terkejut. Bagaimana tidak, awalnya salah satu mobil legendaris di dunia ini dikabarkan bakal memiliki banderol Rp 350 juta-Rp 400 jutaan.

Antusias tersebut terekam dalam data penjualan sementara Suzuki Indonesia sebagaimana dipaparkan Alfindo Wijaya, Group Head of 4W Dealer Sales PT Suzuki Indomobil Sales. Meski belum mendapat angka pemesanan resminya, disebutkan bahwa pembeli Jimny belum ada yang melalui skema kredit.

Baca Juga : Pesan Jimny Sekarang, Konsumen Dapat Unit Tahun Depan

"Sejauh ini belum ada konsumen yang membeli Jimny secara kredit, semuanya cash," kata Alfindo di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2019).

Alasannya, lanjut Alfindo, karena calon konsumen saat ini memang sudah lama menantikan harga resmi mobil baru Jimny dan telah menyiapkan dana tersendiri.

"Kebanyakan pembeli sekarang sudah lama menunggu, mereka telah lakukan inden sejak awal ketika diler membuka lowongan. Jadi secara finansial, memang mereka sudah menyiapkan dana untuk beli langsung cash," kata dia.

"Setiap produk tentu memiliki skema kredit, tak terkecuali Jimny. Tapi memang saat ini kita belum mendapat permintaan seperti itu. Semuanya melakukan pembelian secara tunai," lanjut Alfindo.

Perlu diketahui, Jimny generasi keempat yang dipasarkan di Indonesia dibawa langsung dari Jepang. Indonesia sendiri mendapat kuota sebanyak 50 unit tiap bulan.

Baca Juga : Suzuki Jimny di Indonesia Diklaim Bebas Recall

Suzuki Jimny melantai di GIIAS 2019Ruly Kurniawan/Kompas.com Suzuki Jimny melantai di GIIAS 2019

Atas dasar keterbatasan unit, Suzuki Indonesia terpaksa mengambil langkah membagikan stok Jimny secara adil ke seluruh jaringan dilernya. Hal ini pun telah dilakukan pada tahap periode pertama sampai September 2019 mendatang, yang besar kemungkinan diberikan ke konsumen yang lebih dulu sudah melakukan pemesanan melalui diler.

Oleh sebab itu, disarankan para calon konsumen yang tertarik harap menanyakan ketersediaan mobil baru lebih dulu ke diler. Karena bisa jadi unit baru datang satu tahun kemudian.

"Kami usahakan agar semua diler kebagian. Bagi calon konsumen yang mau pesan, agar tidak lama menunggu baiknya cek dulu unitnya di diler, bila memang penuh artinya harus menunggu periode kedua sampai Mei 2020 mendatang," kata Direktur Pemasaran SIS 4W, Makmur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com