Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Indonesia Bergeming soal Pabrik HMC

Kompas.com - 02/07/2019, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah dipastikan siap beroperasi pada 2021 mendatang, namun PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) bergeming soal rencana investasi prinsipal. Informasi seputar produksi, letak pabrik, sampai rencana ke depan Hyundai Motor Company (HMC) di Indonesia masih tertutup rapat.

Ketika mengkonfirmasi Deputy Marketing Director HMI Hendrik Wiradjaja, hanya mengatakan, pihak HMC akan memberikan pengumuman resmi megenai seluruh informasi detailnya.

"Saya belum bisa bicara banyak soal masalah ini, tapi yang pasti dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi HMC akan memberikan keterangan resmi melalui konferensi pers, untuk waktunya tinggal ditunggu saja," ujar Hendrik saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/7/2019).

Baca juga: Hyundai Siapkan Empat Model untuk Produksi di Indonesia

Seperti diketahui, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, telah memastikan pabrik HMC di Indonesia siap beroperasi 2021 mendatang. Bahkan disebutkan bila kapasitas produksinya bisa mencapai 70.000 sampai 250.000 unit dalam satu tahun.

Wajah baru Hyundai H-1 Royale CRD-1 Wajah baru Hyundai H-1 Royale CRD-1
Airlangga juga menegaskan bila mobil yang akan diproduksi Hyundai di Tanah Air akan berjenis sport utility vehicle, multi purpose vehicle, hatchback, dan juga sedan. Sedangkan untuk orientasi produksi, sebesar 53 persen untuk kebutuhan ekspor, sisanya untuk kebutuhan domestik.

"Jadi nanti HMC akan memaparkan semua informasi, dari produksinya apa saja, nilai investasinya, rencana detail, sampai lokasi pabriknya. Soal jenis mobil seperti SUV itu memang betul, tapi ini berdasarkan pernyataan pemerintah, HMI tidak memberikan komentar lebih lanjut soal ini," kata Hendrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com