Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Tak Berniat Datangkan Mobil Murah dari India

Kompas.com - 02/04/2019, 15:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Mobil Indoensia (HMI) rupanya masih enggan mendatangkan mobil murahnya yang telah dirilis untuk pasar India, yakni Santro. Padahal dengan harga jual sebesar 370 rupee atau sekitar Rp 76 jutaan, Santro berpotensi untuk menjadi rival bagi deretan mobil low cost green car (LCGC) di Indonesia.

Deputy Marketing Director HMI Hendrik Wiradjaja, mengatakan sampai saat ini pihaknya belum memiliki rencana untuk mendatangkan Santro ke Tanah Air. Selain itu, meski harga di India murah, saat masuk ke Indonesia tentu kisarannya bisa di atas Rp 100 juta.

"Angka Rp 100 juta itu didapatkan dari harga jual di India dengan kisaran Rp 70 juta sampai 80 juta, kemudian diandaikan bila masih sini (Indonesia) dengan kurs maka ketemu kisaran Rp 100 juta. Tapi kalau kita lihat, memasukan mobil dalam kondisi completely build up (CBU) dari India itu tidak semudah memberikan kurs," ucap Hendrik kepada media di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Baca juga: Hyundai Beri Sinyal Hadirnya Kona di Indonesia?

Hendrik menjelaskan, selain nilai tukar, ada beberapa faktor lain yang harus dipikirkan. Contoh seperti pengenaan tarif pajak, bea masuk, sampai Bea Balik Nama (BBN). Bila semua dikalkulasikan, maka banderol Santro saat dijual di Indonesia bisa sampai Rp 150 jutaan.

Hyundai Santro.INDIANAUTOSBLOG Hyundai Santro.
Hendrik menjelaskan pasar LCGC di Indonesia juga sudah cukup padat pemainnya. Lagi pula agar Santro bisa masuk di segmen mobil murah ramah lingkungan, akan membuat Hyundai harus berinvestasi guna memenuhi kandungan lokalnya.

"LCGC kelas yang padat dan sangat ketat, selain itu harus punya pabrik dan kandungan lokalnya harus 90 persen, di mana investasi akan sangat besar dengan tingkat keuntungan yang sangat kecil karena persaingan dengan merek-merek besar. Kalau dilihat kemungkinannya, tidak untuk Santro," ucap Hendrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com