Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Bengkel Mobil, Indonesia Bisa Meniru Vietnam

Kompas.com - 12/06/2019, 07:49 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bengkel umum atau spesialis khusus mobil di Vietnam terkenal lebih maju ketimbang Indonesia. Faktor utama, karena di negara itu lebih mementingkan pengadaan alat atau mesin pendukung ketimbang mempercantik interior bengkel.

Faizal Ramadani, Marketing Manager Himawan Putra Corp mengatakan, para pebisnis bengkel di Vietnam lebih suka berinvestasi pada mesin atau alat-alat pendukung.

Hampir seluruh bengkel menggunakan mesin dan alat yang bagus sehingga bisa kerja lebih cepat, dan tentunya dapat menangani seluruh maslah konsumen dengan baik.

Belum lama ini, kata Faizal telah melakukan studi banding ke Vietnam dengan mengajak seluruh mitra bengkel Himawan Putra Corp. Tujuan utama, untuk melihat bengkel yang ada di negara itu.

Baca juga: Nissan Coba Tepis Stigma Bengkel Resmi Mahal

"Kami mencoba memberikan sudut pandang dan strategi bisnis dengan mengajak para mitra untuk dapat membandingkan dan melihat perkembangan teknologi dan bisnis bengkel di Vietnam," kata Faizal dalam keterangan resmi, Rabu (12/6/2019).

Selain menggunakan mesin canggih, para pekerja di bengkel seperti Hunter Engineering Company sangat bagus dan terbiasa kerja cepat sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com