Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia siap Produksi Mobil Berplatform TNGA

Kompas.com - 02/05/2019, 09:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyatakan sudah siap apabila diperintahkan oleh prinsipal untuk memproduksi mobil penumpang berplatform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Informasi itu disampaikan Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono ketika berbincang dengan Kompas.com di arena Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Arah di masa depan sudah pasti akan menuju ke sana (TNGA), dan kita harus siap dan tentunya sekarang ini hanya menunggu arahan saja," ujar Warih belum lama ini.

Meski begitu, Warih belum bisa memastikan apakah akan dimulai tahun ini atau tahun depan. Secara sumber daya manusia dan fasilitas di pabrik TMMIN, kata dia hanya perlu menyesuaikan sehingga tidak perlu tambahan investasi besar.

Baca juga: Toyota Indonesia Siap Produksi Hibrida pada 2022

"Karena produk Toyota juga sudah mengarah ke sana (TNGA). Beberapa negara seperti Thailand sudah memproduksi mobil penumpang Toyota yang pakai platform tersebut," kata Warih.

Proses Perakitan Mobil di Pabrik TMMINdok.TMMIN Proses Perakitan Mobil di Pabrik TMMIN

Khusus kawasan ASEAN, hanya Toyota di Thailand yang sudah memproduksi mobil dengan platform tersebut, yakni Camry generasi terbaru.

Sementara di Indonesia, TMMIN sendiri memiliki dua fasilitas perakitan, yaitu di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat. Model yang diproduksi, seperti Fortuner, Innova, Sienta, Vios, dan Yaris.

Meski tidak dijelaskan model apa yang akan menggunakan TNGA, tetapi kemungkinan besar dimulai dari Fortuner dan Innova. Sebab kedua mobil tersebut dipastikan tidak lagi menggunakan platform Innovative International Multi-Purpose Vehicle/IMV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com