Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Siap Produksi Hibrida pada 2022

Kompas.com - 27/04/2019, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) siap memproduksi secara lokal mobil berteknologi hibrida di Indonesia mulai 2022. Pihak pabrikan, saat ini masih menunggu regulasi konkret dari pemerintah terkait regulasi mobil elektrifikasi, baik hybrid, plug-in hybrid, flexi engine, maupun battery electric vehicle (BEV).

Informasi itu disampaikan Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono ketika berbincang dengan Kompas.com di arena Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Jadi saya rasa arah ke depannya akan ke sana dan juga kami sudah siap untuk memproduksi mobil hibrida di Indonesia," ucap Warih, Kamis (25/4/2019).

Menurut Warih, untuk model yang akan dirakit lokal belum bisa diinformasikan karena masih dalam tahap studi, sambil menunggu regulasi tentang mobil elektrifikasi dari pemerintah.

Baca juga: Toyota Pamer Teknologi Hybrid di IIMS 2019

Direksi Toyota Indonesia dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di depan C-HR Hybriddok TAM Direksi Toyota Indonesia dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di depan C-HR Hybrid

Selain itu, kata dia Toyota juga akan melihat segmen mana yang memiliki pasar cukup besar di Indonesia, sehingga tidak serta-merta merakit tetapi agar bisa diterima dengan baik oleh konsumen.

"Jadi kalau tidak MPV mungkin SUV, tetapi modelnya apa belum kita tentukan, nanti akan kita informasikan lagi jika waktunya sudah dekat," kata Warih.

Sebelumnya, Toyota Motor Corporation (TMC) sebagai prinsipal atau induk perusahaan Toyota, sudah menyatakan tanpa masalah memproduksi lokal mobil berteknologi hybrid di Indonesia. Selain itu, hari pertama pembukaan IIMS 2019, booth Toyota menampilkan hanya mobil-mobil hibrida yang tersedia di pasar lokal Indonesia, bertema "Hybrid Day".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com