Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda X-ADV Adopsi Mesin NM4 Vultus

Kompas.com - 29/04/2019, 21:24 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bertahun-tahun hanya dipamerkan, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya resmi meluncurkan X-ADV ke pasaran. Skuter bongsor ini punya mesin yang bertenaga besar.

Honda membekalinya dengan mesin berkapasitas berkapasitas 745 cc, berpendingin cairan, 4-langkah, SOHC Twin Cylinder. Mesinnya ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 40,3 kW pada 6.250 RPM, serta torsi maksimum 60 Nm di 4.750 RPM.

Baca juga: Alasan Harga X-ADV Hampir Tembus Setengah Miliar

Endro Sutarno, Technical Service Division PT AHM, mengatakan bahwa mesinnya ini masih merupakan turunan dari Honda NM4 Vultus.

"Mesinnya menggunakan basis mesin NC750D model 2016. Mesin ini punya fitur-fitur, seperti Dual Clutch Transmission, crankshaft 270 derajat, dan lainnya," ujar Endro.

"Tapi, suara motor besar yang dihasilkan X-ADV ini hanya didapat dari crankshaft 270 derajat. Ibaratnya, sama seperti suara mesin V-Twin pada motor merek lain," sambung Endro.

Baca juga: Honda X-ADV di Indonesia Ternyata Beda dengan Produk Global

Mesin ini memungkinkan pengendaranya untuk memilih dua transmisi, bisa matic atau manual. "Jika memilih matic, untuk mengoper gigi menggunakan tombol yang ada di setang sebelah kiri," jelas Endro.

Honda membanderol X-ADV dengan kisaran harga Rp 450 juta dan didatangkan langsung dari Jepang dengan sistem CBU. Anda bisa mendapatkannya di Telkomsel IIMS 2019 setelah membayar uang muka sebesar Rp 20 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com