Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Protes, Honda Tiru Ducati Pakai Perangkat Aero

Kompas.com - 14/04/2019, 09:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

TEXAS, KOMPAS.com - Tim Repsol Honda akhirnya mengikuti jejak Ducati dengan menggunakan perangkat aero di swingarm. Marc Marquez mengakui bahwa perangkat ini menguntungkan secara aerodinamika.

Sebelumnya, perangkat ini menjadi fenomenal karena kontroversial. Beberapa pabrikan, termasuk Honda, memprotes Ducati yang menggunakan perangkat ini.

Baca juga: Perangkat Aero Diprotes, Ducati Janjikan Banyak Inovasi Tahun ini

Pada sesi latihan hari pertama, tim Repsol Honda mencoba perangkat ini pada RC213V Marquez.

"Ya, tentu saja ini jelas, Anda lihat, kami mencoba sesuatu di swingarm. Saya rasakan sesuatu yang menarik, tapi terkadang lebih baik kembali, hanya mencoba untuk menganalisa, mencoba memahami, dan tentu kami butuh banyak informasi mengenai ini," ungkap Marquez, seperti dilansir dari Crash.net, Sabtu (13/4/2019).

Baca juga: Ducati Akui Perangkat Aeronya Tingkatkan Downforce

Menurut Marquez, satu hal yang paling jelas perbedaannya pada saat mengerem. Perangkat aero di swingarm tersebut bisa memberikan downforce.

Namun, Marquez juga menambahkan bahwa perangkat ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Perlu dilakukan analisa lebih lanjut.

Ducati menggunakan perangkat ini untuk menurunkan temperatur ban belakang. Berbeda dengan Marquez, dirinya malah tidak mengecek temperatur ban dan mengatakan tidak ada perbedaan signifikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com