Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Pakai Baterai PCX Listrik Hanya 2 Tahun

Kompas.com - 03/02/2019, 08:33 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda PCX Electrik dibekali 2 baterai lithium-ion masing-masing berkapasitas 50,4V. Sistem pengisian bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu swap system dan diisi ulang biasa di rumah.

Sistem swap itu sendiri disebut dengan mekanisme off-board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi), atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-board charging).

Lantas berapa lama daya dahan baterai tersebut apabila skuter listrik itu digunakan setiap hari? Dalam pemakaian sehari-hari dalam kondisi baterai penuh bisa menjalankan motor ini sekitar 69 km dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan.

Makoto Mitsukawa, Honda R&D Co.Ltd mengatakan, untuk pemakaian tahunan bisa bertahan hingga waktu dua tahun.

Baca juga: Mengenal Sistem Kelistrikan pada PCX Listrik

"Tetapi tergantung dari pemakaian dari konsumen itu sendiri. Sebab baterai lithium ini sangat bergantung dengan bagaimana cara pemakaian seseorang," kata Makoto di Jakarta belum lama ini.

Peluncuran Honda PCX ElectricKOMPAS.com / Aditya Maulana Peluncuran Honda PCX Electric

Khusus konsumen di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM) pun sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung bisnis skuter listrik itu.

Mulai jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric serta kebutuhan swap/ penggantian baterai. Untuk keadaan darurat, contact center 7X24 jam, emergency road assistance (Honda care), dan service visit, siap memberikan pelayanan maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com