Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencuci yang Benar Tanpa Membuat Bodi Mobil Baret

Kompas.com - 07/01/2019, 16:42 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan, yaitu merawat salah satunya dengan cara mencuci. Selain bisa dilakukan di tempat khusus, Anda juga dapat melakukan sendiri di rumah.

Tetapi perlu diingat bahwa tidak boleh sembarangan ketika mencuci mobil, kalau tidak benar bisa membut bagian bodi menjadi baret. Lantas bagaimana langkah yang benar?

Menurut Robby Kurnia, CEO Autoglaze Indonesia paling benar, yaitu langsung membersihkan kotoran yang menempel pada bagian bodi dengan sabun atau shampo khusus ditambah semprotan air.

"Kalau langsung dilap begitu saja, kotoran yang menempel itu akan membuat bodi mobil menjadi baret," ucap Robby di Jakarta, Senin (7/1/2019).

Baca juga: Musim Hujan, Orang Malah Malas Cuci Mobil

Robby melanjutkan, lakukan hal seperti itu sampai menyeluruh ke bagian luar mobil dan setelah itu bisa mengelap sambil menyemprotkan air lagi ke permukaan bodi mobil.

"Tahap terakhir, bisa dilap sampai kering dan disarankan untuk menggunakan kap microfiber karena halus dan tidak membuat bodi mobil menjadi baret kecil," kata Robby.

Ilustrasi mencuci mobilPurestock Ilustrasi mencuci mobil

Christopher Sebastian, CEO Makko Group Indonesia juga pernah mengatakan hal serupa. Menurut dia, jangan langsung membersihkan kotoran tanpa menggunakan air atau sabun khusus mencuci mobil, karena permukaan mobil akan cepat baret.

"Jadi sebaiknya memang dibilas dulu seluruh permukaan bodi mobil, setelah itu bisa juga menggunakan sabun atau shampo khusus untuk membuat mobil menjadi lebih bersih," kata Christopher belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com