Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Ini Perlihatkan Bahaya Jas Hujan Ponco

Kompas.com - 06/11/2018, 09:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekaman kejadian di jalan raya beredar di media sosial. Video tersebut memperlihatkan kejadian yang mungkin terjadi pada siapa saja saat bersepeda motor mengenakan jas hujan model ponco.

Dalam rekaman tersebut, terlihat seorang wanita yang tengah membonceng di sepeda motor mengenakan jas hujan model ponco karena kondisi tengah hujan. Selang beberapa detik kemudian, pembonceng tersebut terbalik dari jok motor dan terjatuh ke aspal yang membuat pengendara motor langsung menghentikan lajunya.

Ketika mendekat nampak jas hujan wanita tersebut tersangkut masuk ke dalam jeruji sepeda motor. Beruntung wanita tersebut nampak tidak terluka dan masih bisa berdiri.

Tidak diketahui dimana dan kapan kejadian tersebut berlangsung. Namun rekaman ini langsung dikomentari warga net yang awas dengan keselamatan berkendara terutama di saat musim hujan seperti saat ini.

Baca juga: Viral, Bahaya Jas Hujan Ponco buat Pemotor

Berulang kali peristiwa serupa dibagikan di media sosial. Namun baru kali ini berhasil terekam secara utuh menggambarkan apa yang terjadi saat pakaian atau jas hujan pengendara atau pembonceng terlilit di roda sepeda motor.

Seperti pernah diungkapkan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) jusri Pulubuhu, pemilihan jas hujan juga pakaian yang memiliki ukuran panjang perlu diperhatikan terutama saat berkendara motor.

“Apalagi sebelum berkendara tidak melihat kondisinya bagaimana, apakah dekat dengan gir, rantai atau pelek,” ucap Jusri.

Selain itu menurut beberapa sumber mengenai keselamatan berkendara, wanita tidak disarankan untuk menggunakan sepeda motor yang menggunakan rantai. Skutik menjadi pilihan motor yang tepat sebab memiliki cover untuk meminimalisir hembusan angin di bagian bawa serta tidak menggunakan gir atau rantai.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ???? ???? ???? ???? ???? ???? _???? ???? (@riweuh_id) on Nov 5, 2018 at 6:36am PST

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com