Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban AISI Soal Gesits Tak Mau Gabung Jadi Anggota

Kompas.com - 02/11/2018, 08:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Johannes Loman, memberikan komentar terkait Gesits yang tidak mau bergabung menjadi anggota. Menurut dia, AISI tidak keberatan, karena pada dasarnya selalu terbuka untuk merek apapun.

Pria yang akrab disapa Loman itu menjelaskan, asalkan dengan catatan bahwa merek yang mau bergabung menjadi anggota AISI itu harus sudah punya tempat perakitan alias pabrik di Indonesia.

"Kita selalu terbuka, bukan hanya Gesits saja, tetapi merek lain pun. Namun, saat ini di anggaran dasar AISI, kita hanya bisa menerima merek itu jika punya industri di sini," ujar Loman kepada media usai pembukaan IMOS 2018 di JCC, Senayan, Jakarta Selatan.

Loman melanjutkan, ketua penyelenggara IMOS 2018 juga sudah mengajak semua merek motor, termasuk Gesits untuk ikut pameran. Tetapi, ikut atau tidaknya balik lagi dari merek itu sendiri mau berpartisipasi atau tidak.

Baca juga: Gesits Menolak Jadi Anggota AISI

"Paling penting kita semuanya sudah menawarkan, kami tidak membeda-bedakan, karena semua merek bisa ikutan di pameran ini," kata Loman.

Sebelumnya, CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah mengatakan bahwa Gesits tidak akan pernah bergabung menjadi anggota AISI. Menurut dia, tak sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki, yakni ingin mengembangkan produk karya anak bangsa.

“Saya bicara sebagai nasionalis, Gesits lahir bukan dipolitisasi, dan AISI sendiri bukan lagi asosiasi yang netral kalau menurut saya,” kata Memet di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (28/10/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com