Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Custom Karya Anak Bangsa Berlaga di Event Kelas Dunia di Jerman

Kompas.com - 05/10/2018, 10:40 WIB
Aris F Harvenda

Penulis

COLOGNE, KOMPAS.com - Harley-Davidson Panhead Chopper 1948 garapan Veroland Kick Ass Chopper, ikut dalam ajang American Motorcycle Dealer (AMD) World Championship of Custombike Building 2018, di Intermot Motorcycle Expo di Cologne, Jerman, 3 - 7 Oktober 2018.

Keikutsertaan tersebut merupakan awarding yang diberikan Motor Plus kepada Veroland usai memenangi ajang AMD MOTOR Plus Show Bike Fighting 2017 silam. Bor sapaan akrab Veroland, akan bersaing dengan ratusan peserta dari seluruh dunia di AMD.

Baca juga: Jawara Modifikasi Motor Honda Seri Bandung

"Sedikit cerita, motor itu dibikin udah lumayan lama, kurang lebih sudah 10 tahun lalu, 9 tahun lah kalau selesai kustom pertamanya," kata Veroland seperti dikutip Motor Plus pada sesi wawancara khusus sebelum berangkat ke Jerman (28/9/2018).

Motor custom Veroland, Pantastico ikur memeriahkan American Motorcycle Dealer (AMD) world championship of custombike building 2018 di Intermot, (3-7/10/2018) Cologne, JermanMotorplus Motor custom Veroland, Pantastico ikur memeriahkan American Motorcycle Dealer (AMD) world championship of custombike building 2018 di Intermot, (3-7/10/2018) Cologne, Jerman

Menurut Veroland peserta lain di AMD akan menampilkan konsep ekstrim. Namun hal itu tidak membuat pemilik Kick Ass Chopper itu gentar. Sebab, HD Panhead Chopper yang digarap dengan tingkat kesulitan cukup tinggi.

“Di motor ini bukan hanya tampilan motor kontes, tapi juga inovasi baru. Saya pasang suspensi di bawah tangki yang sebelumnya ada di depan. Bikinnya gampang-gampang susah deh,” ucap Vero.

Baca juga: Gaya Putra Jokowi dengan Motor Custom Terbarunya

Tiap detail ubahan motor memperlihatkan konsep vintage yang cukup kental. Plus, frame asli yang sudah berumur 70 tahun masih tetap dipertahankan.

Veroland berpose bersama pemilik Pantastico I Made SutarjanaMotorplus Veroland berpose bersama pemilik Pantastico I Made Sutarjana

Rangka original dikrom oleh Veroland tanpa proses dempul melainkan hanya las dan gerinda. Model mesin Panhead yang unik juga dimanfaatkan untuk menonjolkan kesan kekar dari mesin besar dengan sirip-sirip asli.

Posisi knalpot diubah ke kiri karena sebelah kanan disetel untuk pamer mesin dan pelek. Proses finishing dibuat Veroland untuk mengangkat unsur vintage agar lebih kentara.

Semoga sukses Bor...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com