Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Punya Moge, Pertimbangkan Lima Komponen Ini

Kompas.com - 04/10/2018, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Biar lebih greget saat punya moge (motor ber-cc besar), mayoritas pemiliknya melakukan penggantian dan penamahan beberapa komponen. Namun perlu mempertimbangkan nilai fungsinya, supaya tak merogoh kocek dalam-dalam dan hasilnya sia-sia.

Berdasarkan rekomendasi Kang Toni, pemilik bengkel spesialis moge T2M berlokasi di wilayah Bambu Asri Jakarta Timur, setidaknya ada lima komponen yang bisa jadi pertimbangan untuk diganti atau ditambah, buat membatasi keinginan yang berlebihan.

Pertama biasanya melakukan penggantian pada ban yang bermerek, dengan compound yang lebih bagus. Misalnya seperti Battlax, terasa premium tapi dengan harga yang masih bisa dijangkau.

Baca juga: Polri Beli Puluhan Unit Moge Kawasaki

Ilustrasi pelek dan ban moge.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Ilustrasi pelek dan ban moge.

“Jadi ganti merek, bukan ganti ukurannya. Namun bisa juga ganti pelek lebih lebar, begitu juga bannya, hanya saja itu tergantung kebutuhannya dan ikuti tren dan style saja,” ujar Toni kepada KOMPAS.com, Rabu (4/10/2018).

Kedua, memasangkan sistem pengereman baru, mulai dari selang rem aftermarket, bahkan sampai kalipernya. Tujuannya untuk mengejar safety, terlepas dari urusan tren. Jadi ada nilai fungsionalnya.

Ketiga, knalpot. Ini kembali lagi dari selera si pemilik kendaraannya, tapi memang banyak yang melakukan penggantian.

Ilustrasi knalpon.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Ilustrasi knalpon.

“Ada yang berpikir juga memakai knalpot lebih bersuara dibanding bawaan pabrik, agar tidak mengagetkan pengendara lain, jika pemilik melesat dan tiba-tiba menyalip. Namun, kalau knalpotnya bersuara, pengguna jalan lain sudah dengar dahulu dari belakang, wah ada moge ngebut,” ujar Toni.

Keempat, adalah penambahan piggyback. Komponen ini berfungsi untuk memanipulasi ECU (Electronic Control Unit). Terutama untuk mengatur pasokan bahan bakar, udara dan waktu pengapian, biasanya untuk mendongkrak perfoma motor lebih tinggi lagi.

Kelima, tambahkan voltmeter yang dibeli dari pasar aftermarket. Ini dilakukan untuk mengontrol aki motor, supaya tidak kecolongan ketika kemampuannya menurun, membuat motor mogok tiba-tiba

Komponen volt meter.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Komponen volt meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com