Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Indonesia Sudah “Ngobrol” dengan Skoda

Kompas.com - 25/09/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen di Indonesia PT Garuda Mataram Motor (GMM), secara tersirat menyebut sudah ada obrolan antara pihaknya dan Skoda, terkait penawaran buat memasarkan merek Ceko tersebut di dalam negeri.

Memang, isu masuknya merek mobil Skoda terus berkembang, pascakomunikasi yang mulai dibangun antara pemerintah Indonesia dan Ceko. Kedua negara berencana menjalin kerjasama ekonomi, untuk meningkatkan ekspor dan investasi.

Walau begitu Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor (GMM) menuturkan, sejauh ini pembicaraan belum mencapai titik serius. Namun artinya sudah ada komunikasi yang mulai dirajut.

Baca juga: Kerjasama dengan Ceko, Skoda Mau Masuk Indonesia?

Logo Volkswagen Golf GTIFebri Ardani Logo Volkswagen Golf GTI

“Sampai sejauh ini sih mereka belum secara serius menawarkan merek tersebut (masuk Indonesia lewat GMM). Ditawarkan untuk resmi belum,” ujar Jonas kepada KOMPAS.com, Jumat (21/9/2018).

Namun, Jonas menyebut, pihaknya tak berkeberatan untuk mempertimbangkan menjadi APM mereka di Indonesia. Namun itu bakal dilakukan jika ada penawaran serius dari produsen asal Ceko tersebut.

“Pada prinsipnya, apabila mereka secara serius menawarkan, tentu dengan senang hati kami akan mempertimbangkannya,” ucap Jonas. Skoda sendiri merupakan bagian dari Volkswagen, grup otomotif terbesar di dunia pada 2017.

Karena itu, jika ingin penetrasi ke pasar Indonesia, salah satu celah kesempatan untuk masuk yaitu melalui APM VW di sini, PT Garuda Mataram Motor (GMM), yang juga turut memasarkan merek Audi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com