Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kemacetan, Besok Jasa Marga Uji Coba "Contraflow" Tol JORR

Kompas.com - 18/09/2018, 17:24 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jalan Tol Lingkar Luar (JLJ) selaku kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero), akan melakukan uji coba contraflow di Tol JORR segmen Kalimalang-Cikunir (KM 47+750-KM45+650). Pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini akan dimulai pada Rabu (19/9/2018) sejak pukul 08.00-10.00 WIB.

Kepala Divisi Manajemen Operasi JLJ Thomas Dwiatmanto, mengatakan adanya uji coba contraflow yang akan dilakukan selama dua minggu di hari kerja ini diharapkan bisa melancarkan perjalanan pengguna JORR di SS Cikunir, khususnya pengguna dari arah Bintara menuju Pondok Indah.

"Pengguna selama ini terhambat adanya antrian kenaraan yang akan menuju jalan tol Jakarta-Cikampek karena pada jam-jam tersebut terjadi peningkatan volume lalu lintas angkutan barang akibat dampak berakhirnya pembatasan kendaraan angkutan barang," ucap Thomas dalam siara resmi Jasa Marga, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: Siap-siap Macet, Ada Buka Tutup di Tol Cikampek

Lebih lanjut Thomas menjelaskan, bahwa kepadatan juga terjadi akibat pekerjaan infrastruktur di koridor Jakarta-Cikampek seperti proyek Jalan Layang Cikampek II (Elevated), Light Rail Transit (LRT), serta kereta cepat Jakarta-Bandung.

Pemberlakukan contraflow di Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (12/6/2018) siang. PT Jasa Marga (Persero) Tbk Pemberlakukan contraflow di Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (12/6/2018) siang.

Dalam pelaksanaan uji coba pengguna jalan tol dari arah Rorotan, Cakung, atau Bintara yang menuju Jati Asih atau Pondok Indah akan dialihkan ke lajur contraflow. Pengguna diharapkan untuk tetap mematuhi rambu dan arahan petugas yang berjaga di lapangan.

"Penerapan contraflow diharapkan bisa mereduksi penumpukan kendaraan. Bila uji coba ini menujukan hasil signifikan, maka akan diberlakukan pada arah sebaliknya sampai lalu lintas di SS Cikunir kembali normal dengan selesainya proyek di ruan Jakarta-Cikampek," kata Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com