Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia 40 Tahun Pikap Mitsubishi

Kompas.com - 17/09/2018, 18:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mitsubishi Motors rayakan ke-40 tahun perjalanan model pikapnya, yang pertama kali diperkenalkan pada 1978 silam. Tak hanya bernostalgia, pabrikan Jepang tersebut juga menyebut akan segera mengungkapkan pikap terbarunya, dari siaran resmi yang diterima KOMPAS.com, Senin (17/9/2018).

Produk pertama merek berlambang tiga berlian tersebut kala itu adalah Forte. Bukan hanya untuk pasar dalam negeri, model pikap 1 ton tersebut diekspor ke pasar global dengan di beberapa wilayah menggunakan nama L200.

Pertama kalinya Mitsubishi kemudian membangun warisan four-wheel-drive, dengan menambahkan versi 4x4 pada 1980. Model ini menjadi dasar buat produk 4WD sekarang, seperti Pajero (Montero) dan Delica.

Baca juga: Mitsubishi Mau Jualan 100.000 Unit Xpander Tahun Ini

Pikap Mitsubishi generasi dikenal dengan sebutan Strada di pasar Jepang, khusus varian double cabin pada 1991.ISTIMEWA Pikap Mitsubishi generasi dikenal dengan sebutan Strada di pasar Jepang, khusus varian double cabin pada 1991.

Model pikap tersebut kemudian segera berganti nama menjadi Triton di banyak pasar, dan memberikan efek yang cukup dalam pada bisnis Mitsubishi Motors sendiri. Platform generasi pertama dan kedua diproduksi di Pabrik Ohe Mitsubishi Motors.

Sementara sejak generasi ketiga di 1995, produksi model ini dipusatkan di Pabrik Laem Chabang di Thailand, dan diekspor ke seluruh dunia. Pabrik ini merupakan pabrik terbesar Mitsubishi Motors saat ini dengan kapasitas produksi sekitar 400.000 kendaraan.

Kala itu, generasi ketiga Strada (L200) tak hanya dijual di Thailand tapi juga diekspor ke Eropa, Oceania, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika. Secara total sekitar 1.046.000 kendaraan diproduksi.

Generasi keempat pikap Mitsubishi Triton yang diperkenalkan pada Agustus 2005.ISTIMEWA Generasi keempat pikap Mitsubishi Triton yang diperkenalkan pada Agustus 2005.

Kemudian 10 satu dekade selanjutnya atau pada Agustus 2005 generasi Keempat Triton (L200) lahir. Mendapat ubahan total, produk tersebut diekspor secara bertahap hingga mencapai 150 negara, dan menjadi model penting bagi strategi global Mitsubishi Motors, dengan total produksi mencapai 1.423.000 unit.

Lalu pada 2014, generasi kelima Triton kemudian dilahirkan dengan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dua pintu, dan Double Cab. Powertrain adalah mesin diesel pengembangan terbaru 2.4 liter MIVEC turbo, 2.5 liter turbo, dan mesin bensin 2.4 liter.

Tersedia dalam pilihan drivetrain 2WD dan 4WD yang tersedia dengan sistem “Super Select 4WD-II” yang mengadopsi electronic actuator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com