Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Menteri yang Rajin Menemani Jokowi Naik Motor

Kompas.com - 21/08/2018, 14:49 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden RI Joko Widodo diketahui cukup sering mengendarai sepeda motor. Tercatat Jokowi beberapa kali mengendarai sepeda motor, baik untuk kegiatan kerja maupun sekadar menyalurkan hobi bersama komunitas.

Dari sejumlah aksi yang dilakukan Jokowi, ada satu menteri Kabinet Kerja yang terpantau paling rajin menemani perjalanan sang presiden. Dia adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo naik moto Kawasaki KLX 150 saat meninjau proyek Jalan Trans-Papua ruas Wamena-Mamugu I pada Mei 2017. ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo naik moto Kawasaki KLX 150 saat meninjau proyek Jalan Trans-Papua ruas Wamena-Mamugu I pada Mei 2017.

Baca juga: Moge Jokowi Tidak Dijual Resmi, Ini Alternatif Pilihannya

Pengecualian untuk aksi terakhir Jokowi di pembukaan Asian Games, Basuki memang terlihat selalu ada menemani Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke beberapa daerah. Basuki ada dalam salah satu rombongan bermotor yang mendampingi Jokowi naik Kawasaki KLX 150 saat meninjau proyek Jalan Trans-Papua ruas Wamena-Mamugu I pada Mei 2017.

Beberapa bulan berselang, Basuki juga ada saat Jokowi menunggangi motor tipe yang sama dalam kunjungan kerjanya ke Muara Gembong, Bekasi, pada November 2017.

Saat Jokowi menjajal motor modifikasi Royal Enfield bergaya chopperland ke Sukabumi pada April 2018, Basuki juga kembali turut serta. Hal yang sama juga terjadi saat Jokowi menjajal motor listrik WIM Motor dalam kunjungannya ke Kabupaten Asmat, Papua.

Baca juga: Kata Komunitas Freestyle soal Video Aksi Jokowi

Dalam sebuah kesempatan, Basuki memang mengaku kesenangannya naik motor akibat ketularan Presiden. Hal itu pula yang melatarbelakanginya memiliki satu unit motor custom dengan gaya modifikasi milik Jokowi.

Berikut deretan foto-foto saat Basuki mendampingi aksi naik motor yang sudah dilakukan Jokowi:

 

Presiden Joko Widodo mengendarai motor trail Kawasaki KLX 150 meninjau lokasi tambak udang dan ikan bandeng sebagai bagian dari program perhutanan sosial di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Rabu (1/11/2017). Terlihat ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mendampingi di belakangnya.Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo mengendarai motor trail Kawasaki KLX 150 meninjau lokasi tambak udang dan ikan bandeng sebagai bagian dari program perhutanan sosial di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Rabu (1/11/2017). Terlihat ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mendampingi di belakangnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (depan kiri) mendampingi Presiden Joko Widodo naik motor listrik WIM Motor saat kunjungan kerja ke Kabupaten Asmat, Papua pada April 2018.presiden.go.id Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (depan kiri) mendampingi Presiden Joko Widodo naik motor listrik WIM Motor saat kunjungan kerja ke Kabupaten Asmat, Papua pada April 2018.

Presiden Joko Widodo mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018). Terlihat di belakang ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ikut mendampingi.ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI Presiden Joko Widodo mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018). Terlihat di belakang ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ikut mendampingi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com