Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Bicara Persiapan Model Baru

Kompas.com - 31/07/2018, 15:57 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS, KOMPAS.com - Lepasnya status duet kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sebagai mobil LPMV terlaris di Indonesia, memunculkan spekulasi bahwa Toyota dan Daihatsu sedang menyiapkan penyegaran untuk dua produk andalannya itu. Namun anggapan itu dibantah oleh Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto.

Menurut Soerjo, Toyota dan Daihatsu sedang menyiapkan produk yang sama sekali baru. Namun Soerjo masih menutup rapat informasi rinci mengenai produk yang dimaksudkannya itu.

"Intinya kita lagi menyiapkan mobil yang belum terpikirkan, belum pernah ada," kata Soejo saat ditemui di Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (30/7/2018).

Baca juga: Toyota Tak Menutup Mata Desakan Pembaruan Avanza

Dua unit mobil bekas, masing-masing Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dijual di diler Ciliwung Motor, Kelapa Dua, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Dua unit mobil bekas, masing-masing Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dijual di diler Ciliwung Motor, Kelapa Dua, Depok, Selasa (13/2/2018).

Soerjo mengibaratkan kemunculan produk baru ini akan sama seperti saat Avanza dan Xenia pertama kali muncul pada 2004 silam. Saat itu, belum ada yang sama sekali terpikirkan untuk memunculkan produk LMPV di Indonesia.

"Waktu itu orang masih berpikirnya Kijang. Tiba-tiba Toyota muncul dengan LMPV," ucap Soerjo.

Dari hasil kunjungannya beberapa kali ke Osaka, Jepang, Soerjo menilai perkembangan riset mengenai produk yang dimaksudkannya ini sudah mencapai angka 50 persen. Tidak cuma seputar proses pembuatan mobil, Soerjo menyebut riset yang dilakukan juga mencakup pemetaan ulang terhadap pasar otomotif Indonesia.

Baca juga: Konfirmasi Rumors Perihal DN Multisix dan Masa Depan Avanza-Xenia

"Jadi kalau semua berpikir produk eksisting, Toyota dan Daihatsu tidak berpikir untuk market eksisting. Kita coba create new market," pungkas Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com