Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kerja Sama Baterai Mobil Listrik dengan GM

Kompas.com - 08/06/2018, 16:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah kerjasama Toyota dan Mazda untuk pengembangan mobil listrik, kali ini giliran Honda dan General Motors yang bergandengan. Mereka mengumumkan akan berbagai teknologi soal baterai EV (electric vehicle).

Kesepakatan antara keduanya, seperti dilansir Autoevolution dan Automotiveworld, Jumat (8/6/2018) membuka akses buat Honda ke sistem baterai masa depan GM.

“Perjanjian baru dengan Honda ini menunjukkan kemampuan General Motors untuk berinovasi, menuju portofolio kendaraan listrik yang menguntungkan," ujar Mark Reuss, Wakil Presiden Eksekutif General Motors untuk Pengembangan Produk Global, Pembelian dan Rantai Pasokan.

Baca juga: Ancaman Nyata PHK Massal Akibat Revolusi Mobil Listrik

"Pengalaman puluhan tahun elektrifikasi GM dan investasi strategis EV, bersama dengan komitmen Honda untuk memajukan mobilitas, akan menghasilkan solusi lebih baik bagi pelanggan kami dan kemajuan visi zero emisi kami,” ucap Reuss.

GM dan Honda sebenarnya sudah memiliki hubungan seputar elektrifikasi, setelah membentuk usaha patungan manufaktur pertama mereka, untuk memproduksi hydrogen fuel cell system mulai 2020.

"Sebagai kelanjutan dari pengembangan dan produksi fuel cells, kolaborasi komponen baterai ini akan memungkinkan kami mengambil langkah baru, menuju terwujudnya masyarakat yang berkelanjutan,” tutur Takashi Sekiguchi, Chief Officer for Automobile Operations and Managing Officer Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com