Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Permukaan Jalan Tol Fungsional Tidak Rata!

Kompas.com - 04/06/2018, 13:25 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ruas jalan tol fungsional di rute Tol Trans Jawa terpantau belum sepenuhnya rata. Kondisi itulah yang ditemui dalam perjalanan etape kedua tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com di ruas tol Batang-Semarang pada Minggu (5/6/2018).

Tol Batang-Semarang merupakan salah satu ruas tol yang belum sepenuhnya jadi. Namun direncanakan tetap difungsikan untuk jalur mudik dengan status sebagai tol fungsional.

Saat tim Merapah Trans Jawa melintas di rute ini, tampak ketinggian permukaan jalan tidak rata. Ada permukaan jalan yang sudah sudah mulus, hingga bisa menambah kecepatan dalam batas aman.

Baca juga: Ini Bedanya Tol Operasional dan Fungsional

Namun setelah beberapa kilometer tiba-tiba kendaraan akan langsung masuk ke permukaan jalan yang masih kasar. Ketinggiannya juga lebih rendah dari ruas sebelumnya.

Merapah Trans Jawa 3kompas.com Merapah Trans Jawa 3

Di sepanjang jalan sudah terpasang spanduk peringatan agar pengemudi berhati-hati dengan permukaan jalan yang belum rata ini. Petugas pengawas tol di lapangan yang ditemui tim Merapah juga mengimbau hal serupa.

Menghadapi kondisi seperti ini, Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa meminta pengendara untuk tidak memacu kendaraannya melebihi kecepatan 40 kilometer per jam.

Baca juga: Cara Selamat Melintas di Tol Fungsional

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Batang-Semarang Arie Irianto menyatakan meski sudah siap digunakan, belum sepenuhnya ruas tol dalam kondisi jalan beton mulus atau rigid pavement.

"Masih ada beberapa titik yang lantai kerjanya masih dengan ketebalan 10 centimeter," ucap Arie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com