Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Produk Otomotif Bakal Fokus di Pelabuhan Patimban

Kompas.com - 19/04/2018, 12:06 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah sedang berupaya mempercepat penyelesaian pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sebab salah satu kegiatan yang akan difokuskan di pelabuhan tersebut adalah ekspor produk otomotif nasional ke luar negeri.

Menurut Jokowi, keberadaan Pelabuhan Patimban dapat mengefisienkan biaya ekspor produk otomotif Indonesia ke luar negeri.

Baca juga : Apresiasi Jokowi buat Ekspor Komponen Otomotif

"Pelabuhan Patimban dipecepat agar ekspor otomotif punya pelabuhan demi efisiensi biaya. Sehingga (produknya) bisa bersaing," kata Jokowi usai menghadiri pembukaan Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Presiden Joko Widodo melihat motor modifikasi yang dipajang di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo melihat motor modifikasi yang dipajang di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Jokowi menyatakan saat ini industri otomotif nasional makin berkembang. Tidak cuma kendaraan utuh, tapi juga komponennya.

Ia ingin kegiatan ekspor industri otomotif ke depannya juga menyasar ke kendaraan modifikasi custom.

Baca juga : Astra Tertarik Jadi Operator Pelabuhan Patimban

"(Produk custom) ini punya peluang besar untuk dieskpor. Karena sangat menjanjikan dikembangkan pada masa mendatang," ucap Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com