Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Fokus Garap Segmen SUV

Kompas.com - 19/03/2018, 13:42 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Jajaran sport utility vehicle (SUV) hingga crossover Mazda di Indonesia, cukup banyak. Mulai CX-3, selanjutnyca tersedia CX-5, hingga yang baru saja diluncurkan pada awal Februari 2018, yaitu CX-9.

Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengatakan bahwa pertumbuhan di segmen itu juga cukup bagus, meski tidak setinggi multi purpose vehilce (MPV).

"Tetapi sesuai dengan arahan prinsipal di Jepang, kita atau secara global memang fokus bermain di SUV daripada MPV," ujar Roy di Jakarta belum lama ini.

Model MPV, lanjut Roy seperti Biante bukan berarti tidak dijual lagi di Indonesia. Konsuemn yang berminat masih bisa membeli di seluruh diler Mazda, dan unit tidak inden terlalu lama.

Baca juga: Mazda Klaim Mayoritas Konsumen Setia pada Bengkel Resmi

"Inden normal sekitar satu bulan saja. Jadi MPV tetap kita jual, hanya saja porsi SUV sepeti CX-5, CX-9 atau CX-3 kita perbanyak tahun ini," kata Roy.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2017, CX-3 terjual 848 unit, dan CX-5 sekitar 812 unit.

Sementara dua bulan pertama di tahun ini, CX-3 terjual 108 unit, dan CX-5 tembus 289 unit. Biante sepanjang Januari hingga Februari 2018 terkumpul 92 unit, dan tahun lalu 455 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com