Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Pelajari Data Superbike Sebelum Tes MotoGP di Thailand

Kompas.com - 04/02/2018, 11:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, Kompas.com – Sama seperti tim MotoGP lainnya, Ducati juga bakal merasakan untuk pertama kalinya melakukan tes pramusim di sirkuit Buriram, Thailand. Sirkuit itu merupakan kalender paling baru MotoGP mulai 2018.

Baca: Lorenzo dan Dovizioso Kunjungi Indonesia

Saat berada di Jakarta, Kamis (1/2/2018), Ducati Corse Sporting Director Paolo Ciabatti mengatakan perlu waktu buat tim untuk beradaptasi dengan sirkuit Buriram. Meski begitu, Ducati sudah punya modal awal yaitu data dari tim Ducati di kejuaraan dunia superbike (WorldSBK) yang sudah dua kali digelar di Buriram.

“Kami punya sedikit pengalaman dari tim superbike kami, beberapa data sudah kami dapat. Tapi MotoGP sedikit berbeda dalam hal ban, tenaga, kami perlu melihat lagi. Ini akan menarik untuk semua tim dan pebalap,” kata Ciabatti.

Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, memacu motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (30/1/2018).Mohd RASFAN/AFP Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, memacu motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (30/1/2018).

Desmosedici

Sama seperti tes pramusim di Sepang sebelumnya, Ducati bakal membawa dua model sepeda motor, yaitu Desmosedici GP17 dan Desmosedici GP18. Ciabatti sudah mengatakan pengembangan fokus pada kemampuan motor di tikungan.

Baca: Ducati Bikin Desmosedici GP18 Mudah Digas dan Menikung

"Saya pikir idenya adalah membawa motor GP17 untuk mendapatkan komparasi. Tentu saja kami juga membawa, kemungkinan sasis berbeda dan konfigurasi buat GP18. Kami tidak akan memberikan dua unit GP18 buat satu pebalap, sebab kami masih dalam proses menyelesaikan GP18. Jadi, kemungkinan di Qatar kita akan punya empat motor yang sama,” ucap Ciabatti.

Jadwal tes pramusim MotoGP 2018 dimulai di Valencia pada 14 – 15 November 2017. Setelah itu tim ke Sepang pada 28 – 30 Januari 2018, Buriram 16 – 18 Februari 2018 sebagai pengganti Philip Island, dan terakhir di Qatar pada 1 – 3 Maret 2018. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com