Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Indonesia Tidak Mungkin Produksi Lokal Seri i

Kompas.com - 19/01/2018, 13:05 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com - BMW i merupakan divisi khusus untuk mengembangkan dan memasarkan mobil listrik secara global. Khusus di Indonesia, sebelum fokus menjual model itu, sudah disediakan diler khusus mobil listrik dan hibrida.

Sekarang ini tersedia di dua tempat, yaitu Astra Biz Center dan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Melihat kondisi itu, pertanyaan yang muncul apakah mungkin BMW i ikut diproduksi lokal di pabrik Gaya Motor, Sunter?

"Semua produksi kendaraan listrik belum bisa dilakukan di luar Jerman. Pabrik BMW i ada di Leipzig, dan belum ada negara lain yang memproduksi." ujar Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Jodie menjelaskan, faktor lain sebagai contoh i3 dan i8 proses produksinya dari awal sampai akhir sudah menggunakan sustainability konsep. Prinsipal belum bisa memberikan kesempatan kepada negara lain untuk merakit kedua model itu.

Baca juga: Daftar Mobil Baru BMW untuk Tahun Ini

"Tenaganya saja menggunakan tenaga angin, tenaga air, kemudian desain bodi carbon fiber dan lain-lain. Sehingga untuk proses produksi sudah sangat berteknologi tinggi," kata Jodie.

BMW i8 Roadster yang akan dijual di Indonesia tahun ini.istimewa BMW i8 Roadster yang akan dijual di Indonesia tahun ini.

Menurut Jodie, lain lagi dengan BMW i Perfromance. Model itu punya peluang untuk bisa dirakit lokal, sebab prinsipal pun memberikan kesempatan kepada negara lain.

"Misal pabrik BMW di Thailand, Malaysia pun sudah mulai merakit PHEV atau mobil dari divisi i Performance," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com